Home > Ojk > Ojk
Jumat , 09 Jun 2017, 15:12 WIB

OJK Tingkatkan Kampanye Keuangan Syariah Saat Ramadhan

Red: Budi Raharjo
Republika/Tahta Aidilla
Logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar kampanye keuangan syariah memanfaatkan momentum bulan Ramadhan dengan melakukan beberapa kegiatan seperti Safari Ramadhan bidang edukasi keuangan dan program kehumasan keuangan syariah.

Untuk Safari Ramadhan digelar beberapa kegiatan yang diarahkan untuk memberikan edukasi keuangan syariah ke masyarakat seperti kelompok pengajian muslimah, Majelis Taklim, Penghulu KUA, Da’I Takmir Masjid, Komunitas UMKM, dan pengurus serta anggota Kongres Wanita Indonesia (KOWANI).

Kegiatan Safari Ramadhan tersebut bertujuan meningkatkan pemahaman terhadap produk/layanan jasa keuangan syariah, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan keuangan, dan meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai modus investasi illegal.

Program kehumasan keuangan syariah pada Bulan Ramadhan ini menggelar talkshow keuangan syariah melalui radio dengan nara sumber dari OJK dan pelaku industri jasa keuangan syariah. Selain itu digelar juga sosialisasi keuangan syariah di media massa  serta kultwit keuangan syariah melalui media sosial OJK, dan sosialisasi keuangan syariah dengan para blogger.

“Sederet kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan diseminasi informasi terkait kebijakan OJK, khususnya di bidang pengembangan keuangan syariah dengan memanfaatkan momentum Ramadhan,” kata Kepala Departemen Komunikasi dan Internasional OJK Triyono.

Pada 13 Juni mendatang juga akan diluncurkan roadmap keuangan syariah sebagai panduan pengembangan keuangan syariah secara terintegrasi mulai dari perbankan syariah, pasar modal syariah dan IKNB syariah.

Data OJK per 31 Maret 2017, total aset keuangan syariah Indonesia (tidak termasuk Saham Syariah) mencapai Rp967,9 triliun dengan proporsi industri perbankan syariah mencapai sebesar Rp368,17 triliun, IKNB syariah sebesar Rp92,57 triliun dan pasar modal syariah mencapai sebesar Rp509,72 triliun.

Selain kegiatan di Ramadhan ini, sosialisasi keuangan syariah juga rutin digelar OJK dengan berbagai acara seperti Islamic Bank Vaganza (IB Vaganza) dan Keuangan Syariah Fair di berbagai daerah.

Untuk tahun 2017, KSF direncanakan akan dilaksanakan sebanyak 3 kali yaitu di Semarang, Cirebon dan Jakarta. Sementara gelaran IB Vaganza pada tahun ini sudah digelar di Kediri Jawa Timur dan Medan.