Jumat , 29 December 2017, 09:08 WIB

Ustaz Somad, dari Batal Ceramah Hingga Ajak Muliakan Tamu

Rep: Rahmat Fajar, Amri Amrullah/ Red: Elba Damhuri
Republika/Zahrotul Oktaviani
 Suasana saat Ustaz Abdul Somad melakukan Safari Dakwah di Masjid Nurul Ikhlas Yayasan Annajiyah, Tangerang Selatan, Kamis (28/12).
Suasana saat Ustaz Abdul Somad melakukan Safari Dakwah di Masjid Nurul Ikhlas Yayasan Annajiyah, Tangerang Selatan, Kamis (28/12).

REPUBLIKA.CO.ID, Dai kondang Ustaz Abdul Somad mendadak batal mengisi ceramah agama di Masjid Nurul Falah PLN Jakarta Pusat, Kamis (28/12). Ustaz Somad seharusnya mengisi ceramah di masjid tersebut pukul 11.30-13.30 WIB, namun hingga pukul 12.00 WIB Ustaz Somad belum datang.

Pantauan Republika.co.id, ratusan jamaah sudah berdatangan ke lokasi pengajian. Namun, sesampainya di masjid tak ada tanda-tanda bahwa akan digelar pengajian.

Tenda berwarna putih yang terpasang di area masjid di bongkar. Jamaah menerima informasi bahwa pengajian dibatalkan.

Panitia penyelenggara pengajian Ustaz Abdul Somad di Masjid Nurul Falah komplek PLN Disjaya, Gambir Jakarta pusat meminta maaf kepada Ustaz Abdul Somad dan juga jamaah setelah acara pengajian pada Kamis (28/12) batal dilaksanakan di Masjid Komplek PLN Disjaya. Panitia beralasan pembatalan ini terkait soal daya tampung masjid yang tak mencukupi.

Ketua Panitia Penyelenggara, M Ismed Suryanegara dalam konferensi persnya di kantor PLN Disjaya mengungkapkan kegiatan ini sebenarnya sudah dipersiapkan sekitar dua bulan lalu. Panitia pun sudah menyepakati pelaksanaannya mengundang Ustaz Abdul Somad.

Namun karena informasi yang sampai kepada masyarakat melalui media sosial, spanduk dan masjid sangat viral sekali, timbul kekhawatiran kalau nanti jamaah membludak.

"Perkiraan awal sampai 3.000 jamaah, tapi karena viral diperkirakan sampai 5.000 jamaah. Kalau mencapai 5.000 kami berpandangan tempat ruangan masjid dan parkir terbatas. Kapasitas bisa menampung paling banyak 2.000 orang," ungkapnya kepada Republika.co.id, Kamis (28/12).

Dengan membludaknya jamaah, fasilitas serta sarana lain seperti air juga terbatas. Sehingga ia mengaku berusaha mengomunikasikan hal itu ke manajemen Ustaz Abdul Somad. "Kita coba alihkan ke Istiqlal," terangnya.

Rabu (27/12) malam, pihaknya sudah mengurus pemindahan itu ke Masjid Istiqlal. Pada Kamis (28/12) pagi Masjid Istiqlal mengonfirmasi masjid bisa digunakan.

"Sayangnya, dari tim manajemen Ustaz Abdul Somad ada pertimbangan lain. Sehingga pengalihan ini tidak bisa dilakukan," kata Ismed.

Dengan pertimbangan itu, hanya ada dua alternatif, yakni pengajian diteruskan di PLN atau dibatalkan. "Sehingga saya selaku ketua penyelenggara yang juga merangkap ketua masjid Nurul Falah, memutuskan sementara ditunda," katanya menambahkan.

Untuk menghindari kekecewaan, panitia juga memberikan informasi kepada jamaah yang hadir jadwal Ustaz Abdul Somad yang ada di DKI dan Tangerang. Karena dijadwalkan ada lima tempat di DKI dan Tangerang selain di Masjid Nurul Falah PLN Disjaya, yang bisa memungkinkan jamaah untuk menghadiri langsung ceramah atau tausyiah dari Ustaz Abdul Somad.