Senin , 04 December 2017, 15:10 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tol Soroja

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Winda Destiana Putri
Republika/Edi Yusuf
Pintu Tol  Soroja, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (4/12).
Pintu Tol Soroja, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (4/12).

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi meresmikan tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) sepanjang 10.57 KM di Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (4/12). Tol yang dibangun sejak 2015 lalu ini terdiri dari jalan utama dan akses gerbang menghubungkan Kabupaten Bandung ke Kota Bandung dan sekitarnya.

"Ini tol yang sangat dinantikan masyarakat Kabupaten Bandung dan sekitarnya serta sudah ditunggu lama sejak 1996. Ini sudah dikerjakan 2 tahun lebih," ujar Presiden Jokowi disela-sela meninjau jalan tol Soroja, Senin (4/12).
 
Ia mengatakan keberadaan tol Soroja bisa memangkas waktu tempuh dari Bandung ke Kabupaten Bandung menjadi 12 menit. Dari sebelumnya melalui jalur arteri yang bisa mencapai 1,5 jam karena adanya kemacetan.
 
Menurutnya, di Kabupaten Bandung terdapat kawasan industri, wisata, pemerintahan dan olahraga. Ke depan, diharapkan sektor-sektor tersebut mobilitasnya akan semakin baik.
 
"Terutama ke wilayah wisata diharapkan akan lebih banyak wisatawan serta industri lebih efisien dan daya saing lebih baik," ungkapnya. Katanya, Kabupaten Bandung harus bersiap mengalami percepatan diberbagai bidang.
 
Ia menambahkan, dengan adanya tol Soroja yang berdekatan dengan kawasan olahraga si Jalak Harupat bisa mendorong kebangkitan prestasi di Jabar. Selain itu, terdapat tempat wisata yang berpotensi dan bervariasi yaitu kebun teh di Rancabali, Ciwidey, Malabar Pangalengan, Situ Latenggang dan Situ Cileunca dan sumber air panas di Ciwalini, Kawah Putih, rumah peninggalan boscha.
 
Sebelum diresmikan, tol Soroja dilakukan uji kelaikan oleh tim laik fungsu dari Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Korlantas beberapa waktu lalu. PT Citra Marga Lintas Jabar merupakan pemegang konsensi Tol Soroja dibentuk konsorsium PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, PT Wijaya Karya dan PT Jasa Sarana.
 
Pembangunan tol Soroja dimulai sejak September 2015 terbagi dua seksi pembangunan yaitu seksi I ruas simpang susun Pasirkoja simpang susun Margaasih sepanhang 2,75 km. Seksi II ruas simpang susun margaasih simpang susun Katapang sepanjang 3.3 km serta ruas Katapang Soreang, 2,1 KM.
 
Untuk memudahkan akses lingkup pekerjaan kontruksi Tol Soroja mencapai 26.4 km termasuk 12 ramp sepanjang 10.4 km, dan overpass 3.7 km. Tol Soroja memiliki lima gerbang yaitu margaasih Barat, Margaasih Timur, Kutawaringin Barat, Kutawaringin Timur dan Soreang.
 
Nilai investasi mencapai Rp 1.765 triliun. Tol akan menjadi bagian transportasi Bandung Raya terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi di persimpangan di KM 132.