Sabtu , 02 December 2017, 14:04 WIB

Polisi: Peserta Reuni Akbar 212 Juga Datang dari Sumatera

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Gita Amanda
Republika/Mahmud Muhyidin
Ribuan umat Islam mengikuti reuni 212 di Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu (2/12).
Ribuan umat Islam mengikuti reuni 212 di Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu (2/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Acara Reuni Akbar 212 yang diadakan di Monumen Nasional (Monas) pada Sabtu (2/12), tidak hanya diikuti peserta dari Pulau Jawa. Sejumlah peserta juga datang dari Pulau Sumatera.

"Kegiatan ini ada komunikasi yang baik antara peserta dan kepolisian. Dari lingkungan Jakarta (pesertanya), Jawa Tengah juga ada. Ya, itu dari Lampung, Sumatera," papar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Monas, Sabtu (2/12).

Menurut dia, TNI dan kepolisian sudah melakukan pengamanan dengan maksimal, dan mengapresiasi para peserta acara itu. Semua perencanaan terlihat kondusif dan lancar dari awal hingga akhir.

Argo memperkirakan personel gabungan TNI dan Polri mencapai 30 ribuan, bahkan ada Brimob yang didatangkan dari luar Jakarta. Hingga acara selesai pada pukul 11.30 WIB, polisi belum menerima laporan adanya kejadian-kejadian tertentu.

Acara tersebut sudah dimulai sejak pukul 08.00 WIB, bahkan sejak pukul 04.00 WIB dini hari, massa sudah mulai ramai berdatangan untuk menghadiri acara Reuni Akbar 212 di Monas itu. Kini, para peserta dan kepolisian sudah mulai membubarkan diri.

"Kita (personel gabungan) semua masih di jalan. Ini masih pencairan-pencairan situasi. Mereka (peserta) sudah pulang menggunakan bus masing-masing. Semuanya kita kawal, semuanya lancar saja kita lakukan untuk kegiatan ini," jelas Argo.

Untuk pengamanan lalu lintas saat jalan pulang, dirasakan Argo masih menunggu massa, karena itu situasional. Sementara, untuk Brimob yang berasal dari luar Jakarta, masih menunggu waktu kapan akan dikembalikan ke kota masing-masing.