Jumat , 13 Oktober 2017, 22:45 WIB

Kapolri Beri Penghargaan 43 Polisi dan Dua TNI

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Teguh Firmansyah
ROL/Havid Al Vizki
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan penghargaan pada 43 anggota Polri dan dua TNI yang berprestasi di luar tugas wajibnya. Mereka diberi penghargaan karena berbagai capaian prestasi.

"Ada yang dengan ketulusan hari, bikin perpus, menyebrangkan anak sekolah melakui deras sungai, bedah rumah, bedah mesjid dengan biaya pribadi," ujar Kapori Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri, Jumat (13/10).

Salah satu nama yang cukup menonjol adalah, Bripka Mai Hendri. Anggota Bhabinkamtibmas Polres Solok Kota itu berjasa membantu warga tidak mampu di Nagari Indudur, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Hendri pun tidak menyangka perbuatannya membuatnya dipanggil Kapolri ke Jakarta untuk menerima penghargaan.

Bermula di sekitar tempat dinasnya, Hendri melihat adanya pasutri lanjut usia tinggal di sebuah gubuk milik Samuni (85) dan Saniar (67) terpaksa tinggal bersama hewan ternaknya. Mereka hidup bersama enam ekor bebek di tempat seluas 3 x 5 meter persegi.

"Cukup miris waktu awal melihat. Ini yang buat saya berpikir bagaimana bisa membantu kedua orang tua ini," tutur Hendri usai menerima penghargaan.

Hendri pun tergerak membantu dengan membangun rumah layak untuk Samuni dan Saniar. Jendri menggunakan uang tabungan selama empat tahun yang didapatkannya dari usaha sampingannya menjual telur hasil ternak bebek. "Itu juga bagaimana berpikir kalau ada uang bisa berbagi sama," tutur Hendri.

Kendati demikian, Hendri enggan menyebutkan jumlah tabungan yang diberikan untuk merenovasi rumah Samuni. Uang tersebut cukup untuk membangun rumah layak semi permanen untuk keluarga Samuni.

Masyarakat pun turut membantu Hendri untuk membangun rumah Samuni yang berada di perbukitan. Henri juga melaporkan tugasnya merenovasi rumah Samuni kepada Kapolsek IX Koto Sungai Lasi, AKP Afrides Roema hingga Kapolres Solok Kota, AKBP Dony Setiawan. "Saat itu beliau mendukung dan memberikan bantuan pemasangan listrik," tutur Hendru.

Kapolres Solok Kota AKBP Donny Setiawan pun mengapresiasi sikap yang ditunjukan oleh anggotanya itu. "Tidak perlu menunggu berlebih untuk membantu yang perlu," kata Donny.

Bukan hanya itu, Hendri juga dikabarkan pernah membantu sejumlah petani menggarap sawah dan ladang warga di Nagari. Hendri pun dinilai sebagai salah Bhabin yang aktif terjun ke masyarakat. Hendri pun telah menerima penghargaan dari Kapolda dan Kapolres. "Bahkan Bupati Solok juga tergugah ikut memberikan penghargaan," tambah Donny.

Berita Terkait