Senin 09 Oct 2017 10:16 WIB

Pemilihan Ketua OSIS, SMA Bina Insani Terapkan E-voting

Pemilihan ketua OSIS SMA Bosowa Bina Insani (BBI) Bogor menggunakan cara e-voting.
Foto: Dok SBBI
Pemilihan ketua OSIS SMA Bosowa Bina Insani (BBI) Bogor menggunakan cara e-voting.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemilihan Ketua OSIS di SMA Bosowa Bina Insani Bogor tahun ini terasa berbeda.  Selain yang menjadi kandidatnya semua adalah wanita, juga menggunakan sistem pemilihan berbasis teknologi.  E-voting dilaksanakan di SMA Bosowa Bina Insani, Kamis (5/10).

 

Ada tiga calon, yakni Alvia Zaharani, Citra Ayu Purnama Sari dan Qonita Rahmah. Mereka tertampil di pilihan nama Calon Ketua OSIS di Google form tersebut.  Bahkan kampanye para kandidat dipublikasikan melalui Youtube.  “Ini merupakan keberanian yang membanggakan,” kata Kepala SMA Bina Insani Dedi Supriyadi di Bogor dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (9/10).

Ia menambahkan, pemilihan ketua OSIS melalui  sistem e-voting, bukanlah tanpa alasan.  “Ini saatnya untuk lebih terbuka dan transparan.  Selain mengurangi penggunaan kertas, juga sebagai aplikasi pembelajaran IT,” ujarnya.

Kepraktisan dan efisiensi pelaksanaan demokrasi menjadi tujuan.  “Selain itu, hasil yang real time bisa cepat didapatkan,” tuturnya.

Sistem baru inipun lebih menggugah minat dan semangat siswa untuk berkontribusi dalam pemilu.  “Ada hal baru yang mereka rasakan, ada pengalaman baru yang mereka ceritakan dan ada ilmu baru yang tidak akan mereka lupakan,” papar Dedi.

 

Sebagai Kepala Sekolah SMA Bina Insani, Dedi  mengaku turut berbangga.  “Tiga srikandi (kandidat perempuan)  ini bisa bersinergi membawa SMA ke arah yang lebih baik.  Dengan kesiapan untuk maju sebagai kandidat sudah merupakan kemenangan.  Namun proses pemilihan ini penting untuk memilih pemimpin yang terbaik dan sesuai aspirasi warga SMA Bina Insani.  Hari ini, saatnya untuk terus percaya diri dan semangat memperjuangkan SMA Bina Insani dari sisi organisasi,” tuturnya.

Ia mengemukakan, antusiasme siswa untuk mengikuti pemilihan ketua OSIS baru ini terlihat.  Semenjak Musyawarah Besar OSIS dan laporan pertanggungjawaban ketua OSIS sebelumnya, aura demokrasi terasa.  Semangat para Tim Suksesi yang memaparkan visi dan misi dari setiap kandidat memantul menjadi gaung ide-ide brilian dan program-program bagus yang diusung para kandidat.

Menurut Dedi, kandidat  yang semuanya perempuan itu  sangat menunjukkan kualitas membanggakan.  “Visi dan misi para kandidat perlu diacungi jempol.  Mereka menginginkan OSIS SMA Bina Insani menjadi terdepan, maju terus pantang mundur dan selalu bisa mewujudkan impian, sehingga SMA Bina Insani jaya sepanjang masa,” ujarnya.

Dari hasil pemilihan melalui e-voting itu, Citra berhasil meraih suara tertinggi, yakni 121 suara. Disusul Rahma 99 suara, dan Alvia 66 suara. “Dengan demikian, Citra berhasil terpilih sebagai ketua OSIS SMA BBI 2017/2018,” kata Dedi Supriyadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement