Rabu , 16 Mei 2012, 01:03 WIB

Asyik, Liburan Panjang, Rangkaian Kereta akan Ditambah

Red: Endah Hapsari
Antara
Kereta Api/Ilustrasi
Kereta Api/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---PT Kereta Api Indonesia akan menambah satu perjalanan kereta api Argo Lawu jurusan Gambir-Solo pada hari libur panjang memperingati Kenaikan Yesus Kristus pada 17 Mei. 

Senior Manager Humas PT KA Daop 1 Jakarta, Mateta Rijalulhaq mengatakan, penambahan ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan penumpang yang diperkirakan meningkat hingga lima persen dari hari biasanya.

Penambahan perjalanan, kata Mateta, hanya pada kereta Argo Lawu, dengan keberangkatan pukul 21.05 WIB dan penambahan perjalanan itu pada 16-17 Mei. "Penambahannya untuk dua hari berturut-turut," kata Mateta saat dihubungi, Selasa (15/5).

Ia menambahkan, pada hari biasa, kereta Argo Lawu mencapai 43 perjalanan dan dengan peningkatan lima persen dari hari biasa, jumlah penumpang bisa mencapai 6.000 orang bahkan bisa lebih dari 8.000 atau 9.000 penumpang.

Sementara itu pihaknya juga tengah mempertimbangkan penambahan perjalanan untuk kereta Cirebon Ekspres tujuan Bandung.

Diperkirakan banyak warga yang akan menghabiskan liburan ke kota kembang tersebut. "Untuk Cirebon Ekspres juga kami pertimbangkan, tapi belum pasti penambahannya. Yang sudah pasti baru untuk Argo Lawu saja," jelasnya.

Untuk tarif kereta saat libur panjang ini, Mateta mengaku sifatnya fleksibel, bisa digunakan tarif batas atas, seperti pada saat lebaran.

Namun demikian, ia menjamin tetap akan memprioritaskan tingkat keamanan dan kenyamanan penumpang, dengan pemberlakuan 100 persen tempat duduk atau penjualan tiket sesuai dengan jumlah tempat duduk.

"Penumpang jangan khawatir tidak akan kebagian tiket, karena kami sudah menyiagakan perjalanan tambahan," ungkapnya.

Sumber : Antara