Senin , 02 October 2017, 15:46 WIB

Jokowi Minta Bantuan Maksimal Korban Bencana Hingga Rohingya

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini
Antara/Nyoman Budhiana
Asap mengepul dari kawah Gunung Agung yang berstatus awas terlihat dari Desa Amed, Karangasem, Bali, Jumat (29/9).
Asap mengepul dari kawah Gunung Agung yang berstatus awas terlihat dari Desa Amed, Karangasem, Bali, Jumat (29/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pemerintah memberikan bantuan secara maksimal terhadap masyarakat korban terdampak letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara maupun Gunung Agung di Bali.

Dalam Sidang Kabinet Paripurna, Presiden menekankan, masalah kemanusiaan yang terjadi menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menyelesaikannya.

"Yang berkaitan dengan masalah kemanusiaan yang menjadi tanggung jawab kita. Saya ingin menekankan sekali lagi agar masyarakat yang terkena dampak letusan dari Gunung Sinabung, yang kedua dari Gunung Agung, agar dibantu secara maksimal dari semua sisi," kata Jokowi saat memberikan instruksi kepada seluruh menteri Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/10).

Begitu juga dengan masalah kemanusiaan yang terjadi terhadap etnis Rohingya di Myanmar dan Bangladesh. Presiden meminta agar bantuan terhadap para pengungsi Rohingya tetap dilanjutkan.

"Yang berkaitan Rakhine State dan pengungsi yang ada di Bangladesh maupun di Myanmar, kita juga tetap concern kita untuk terus kita bantu saudara-saudara kita yang menghadapi musibah itu," ujar Presiden.

Berita Terkait