Rabu , 23 August 2017, 11:08 WIB

Azyumardi Azra Terima Penghargaan Iptek LIPI

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Esthi Maharani
dok Republika
Azyumardi Azra
Azyumardi Azra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberikan penghargaan Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture (SML) tahun 2017 kepada Prof Dr Azyumardi Azra, MA, CBE pada Rabu (23/8). Penghargaan ini diberikan atas prestasinya di bidang ilmu pengetahuan, kebudayaan dan kemanusiaan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala LIPI, Bambang Subiyakto, mengatakan SML adalah kegiatan tahunan  untuk memperingati ulang tahun LIPI. Tahun ini, LIPI genap berusia 50 Tahun.

"Kegiatan ini dilaksanakan atas pertimbangan LIPI sebagai lembaga keilmuan terbesar yang sudah semestinya menyelenggarakan kegiatan keilmuan setiap tahunnya. Kami wujudkan dengan memberikan anugerah kepada ilmuwan dan penyampaian orasi ilmiah kepada ilmuwan," ujar Bambang.

Dia melanjutkan, penghargaan SML adalah bentuk apresiasi LIPI kepada perorangan atas pencapaiannya yang luar biasa dalam bidang ilmu pengetahuan, kebudayaan dan kemanusiaan. "Apresiasi seperti ini pantas diberikan kepada tokoh atau ilmuwan yang sudah berjasa memajukan ilmu pengetahuan dan mengabdikan hidupnya untuk kemajuan sains," tutur Bambang.

Seperti diketahui, Azyumardi Azra sebagai penerima LIPI SML Award dikenal sebagai seorang cendekiawan muslim. Dia pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta periode 1998 hingga 2006.  Saat ini, Ayzumardi juga dikenal sebagai Guru Besar Sejarah dan Peradaban Islam Fakultas Adab UIN Syarif Hidayatullah.

Selain memberikan penghargaan, UIN juga menggelar orasi ilmiah oleh Kepala Badan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro. Orasi tersebut mengambil tema 'Arah Kebijakan Pembangunan Iptek untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa'.