Sabtu , 19 Agustus 2017, 16:24 WIB

Ini Pesan Sudirman Said untuk Orang Dusun

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Andi Nur Aminah
Republika/Agung Supriyanto
Sudirman Said
Sudirman Said

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Bakal Calon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah (Jateng), Sudirman Said, memberikan petuahnya bagi mahasiswa yang tinggal di dusun pedalaman. Sudirman berpesan agar mahasiswa harus percaya diri dengan kemampuan mereka.

"Sebagai calon pemimpin, mahasiswa tidak boleh minder, meskipun berasal dari dusun," kata Sudirman Said saat memberikan motivasi kepada sekitar 6.400 mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes), Sabtu (19/8) di Kampus Unnes, Semarang.

Sudirman memberikan contoh, banyak orang dusun yang berhasil menjadi pemimpin. "Pak Wisnu orang dusun. Sekarang jadi pengusaha yang sukses. Pak Moeldoko orang desa, juga berhasil menduduki posisi tertinggi di TNI," ujar pria kelahiran Brebes itu.

Selain Sudirman Said, hadir dalam kesempatan itu mantan Panglima TNI Jenderal (Pur) Moeldoko dan Ketua DPD Golkar Jateng, Wisnu Suhardono. Keduanya juga ikut memberikan motivasi kepada ribuan mahasiswa baru Unnes Angkatan 2017. "Dan kalau soal siapa yang lebih ndeso, saya ini lebih dusun dari Mas Wisnu. Tapi berkat pendidikan saya, saya diberi amanah untuk mengurus sejumlah institusi penting," jelas Sudirman.

Para mahasiswa, menurut dia, adalah calon pemimpin bangsa. Masa depan bangsa Indonesia tergantung pada generasi muda saat ini, utamanya kaum terpelajar seperti mahasiswa.

Menurut Sudirman, saat ini yang akan sering ditanya adalah bukan Anda anak siapa dan berasal dari mana? Melainkan Anda bisa apa dan sudah pernah berbuat apa? "Jadi dari mana pun kita berasal kalau kita punya keahlian akan dicari orang," kata mantan Menteri ESDM itu.

Karenanya, Sudirman berpesan agar generasi muda, khususnya mahasiswa menempa diri guna mendapat keahlian dalam berbagai bidang. Sehingga memiliki daya saing yang kuat. Selain keahlian, integritas pribadi juga diperlukan. Orang yang memiliki integritas mampu bertahan dalam iklim apa pun.

Tiga kekuatan yang harus dibangun jika ingin jadi pemimpin yang baik, bagi Sudirman adalah memiliki kekuatan intelektual, kekuatan mental, dan kekuatan spiritual. "Kalau ketiganya dibangun dengan seimbang, dan dijaga dengan baik kita akan mampu bertahan dalam segala cuaca," jelas dia.