Senin , 31 Juli 2017, 17:18 WIB

Ini Alasan SNSD Diundang ke Indonesia

Red: Teguh Firmansyah
EPA
SNSD
SNSD

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyatakan tujuan diundangnya personel girlband asal Korea Selatan, SNSD, untuk mempromosikan atau endorse Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik mengklarifikasi diundangnya girlband tersebut bukan untuk memeriahkan HUT Ke-72 Indonesia, melainkan sebagai bagian acara hitung mundur "Countdown to Asian Games 2018".

"Kalau perlu kita undang seluruh bintang Indonesia bertemu bintang Korea, Singapura, Filipina, India. Itu kan menunjukkan reputasi juga, kalau tidak cemen banget sebagai 'host' Asian Games tapi tidak bisa menarik bintang-bintang Asia untuk meng-endorse Asian Games di Indonesia," kata Ricky usai menghadiri acara peluncuran buku Bekraf di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan dengan mengundang seluruh artis dari berbagai negara di Asia, tidak hanya Korea Selatan, akan menunjukkan reputasi Indonesia sebagai tuan rumah kompetisi olahraga terbesar se-Asia empat tahunan tersebut. Selain itu, salah satu alasan diundangnya Girls Generation atau SNSD ini karena memiliki banyak penggemar terutama di Asia.

Kepala Bekraf Triawan Munaf dalam posisinya di Asian Games menjadi penasihat panitia pelaksana Asian Games atau Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC). Triawan juga ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai special envoy atau perwakilan khusus Warga Negara Indonesia (WNI) untuk Korea Selatan.

"Kepala Bekraf kebetulan menjadi 'special envoy' Korea Selatan jadi punya hubungan. Beliau bisa membantu menghubungi lembaga Korea mendatangkan bintang, tapi tentunya dari negara lain pasti diundang," kata Ricky.

Menurut dia, Asian Games sebagai hajatan olahraga terbesar se-Asia tersebut sangat bergengsi, bahkan sejajar dengan Olimpiade, hanya saja tingkatannya di Asia. Oleh karena itu, pemilihan dua personel SNSD dalam rangkaian Countdown to Asian Games 2018 tidak perlu disikapi dengan kesalahpahaman.

Baca juga,  Klarifikasi Tirawan Munaf Soal Kehadiran SNSD di HUT-RI.

Sebelumnya, kabar diundangnya dua personel SNSD sempat membuat ramai dunia maya karena adanya salah persepsi bahwa kedatangan girlband tersebut untuk memeriahkan HUT ke-72 Indonesia. Ricky mengatakan Countdown to Asian Games 2018 yang digelar pada 18 Agustus mendatang hanya kebetulan berada di bulan yang sama dengan kemerdekaan Indonesia.

Sumber : Antara