Tuesday, 7 Ramadhan 1439 / 22 May 2018

Tuesday, 7 Ramadhan 1439 / 22 May 2018

Ini Kronologi Ibu Terpaksa Melahirkan di Pinggir Tol Cipali

Ahad 02 July 2017 18:19 WIB

Red: Nur Aini

Sejumlah kendaraan pemudik memadati pintu gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (28/6). Memasuki H+3 Lebaran, arus balik di tol Cipali terpantau padat.

Sejumlah kendaraan pemudik memadati pintu gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (28/6). Memasuki H+3 Lebaran, arus balik di tol Cipali terpantau padat.

Foto: Antara/Dedhez Anggara

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Seorang ibu yang merupakan penumpang sebuah bus melahirkan dalam perjalanan di jalan Tol Cikampek-Palimanan atau Cipali, Wilayah Purwakarta, Jawa Barat, Ahad (2/7).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Rikwanto mengatakan, awalnya Bus Kiara Mas mendadak berhenti di Jalan Tol Cipali kilometer 82 lantaran ada seorang penumpangnya yang mengalami kontraksi, hendak melahirkan bayinya.

"Jadi, awalnya Bus Kiara Mas mendadak berhenti di pinggir Jalan Tol Cipali kilometer 82 di wilayah Purwakarta, Jawa Barat," kata Rikwanto, Ahad.

Kebetulan saat itu, Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Arman sedang melintas di lokasi untuk memantau arus balik Operasi Ramadniya 2017 pada Ahad sekitar pukul 10.40 WIB. Menurut Rikwanto, AKP Arman kemudian menghampiri Bus Kiara Mas yang berhenti di pinggir jalan tol karena mengakibatkan laju kendaraan tersendat.

"Kemudian saat dilihat oleh Kasat Lantas, ternyata ada seorang ibu yang tergeletak di pinggir jalan hendak melahirkan," ujarnya.

Melihat hal itu, Arman kemudian mengambil tindakan untuk membantu ibu yang bernama Sukiati (43 tahun), warga Desa Tulis Selo Piro, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah itu. "Ibu Sukiati tidak ditemani oleh keluarganya, sehingga dibantu oleh AKP Arman," ujarnya.

Dengan dibantu oleh penumpang lain, Arman menggotong Sukiati ke dalam mobil dinasnya. Namun, kata Rikwanto, karena kondisi arus lalu lintas cukup padat dan jarak tempuh ke rumah sakit cukup jauh, Sukiati akhirnya melahirkan di jalan.

Usai melahirkan, Sukiati dan bayinya kemudian dibawa ke Rumah Sakit Siloam, Purwakarta. "Bayinya berjenis kelamin perempuan, sudah lahir," ujarnya.

Saat ini, Sukiati bersama bayinya masih dirawat di RS Siloam. "Kondisi Sukiati dan bayinya dalam keadaan sehat," katanya

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA