Tuesday, 6 Jumadil Awwal 1439 / 23 January 2018

Tuesday, 6 Jumadil Awwal 1439 / 23 January 2018

Iriana Widodo Ajak Ratu Swedia Membatik

Senin 22 May 2017 16:04 WIB

Red: Esthi Maharani

Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia dari Swedia.

Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia dari Swedia.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengajak Ratu Silvia dari Swedia untuk membatik saat mengunjungi Istana Bogor, Jawa Barat. Ratu Silvia membubuhkan malam dari canting di kain yang sudah lebih dulu digambarkan pola seling parang oleh pembatik di salah satu ruangan gedung induk Istana Bogor.

"Meski baru pertama kali memegang canting, hasilnya sudah rapi," kata Marni, pembatik, sambil menunjukkan hasil kain yang dibubuhkan malam oleh Ratu Silvia di Bogor, Senin (22/5).

Sebelumnya, Ratu Silvia menikmati tarian kupu-kupu dari Jawa Barat yang dibawakan oleh enam orang penari dengan mengenakan kostum tradisional dan sayap kupu-kupu. Saat tiba di Istana Bogor, Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia disambut dengan upacara penyambutkan kenegaraan lengkap dengan tembakan meriam.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengajak Raja dan Ratu Swedia untuk melihat replika patung "The Hand of God" yang dibuat pemahat Swedia Carl Milles sebagai hadiah dari Pemerintah Swedia kepada Pemerintah Indonesia pada 1957.

Patung itu terletak di tengah halaman belakang Istana Bogor yang bersisian dengan Kebun Raya Bogor. Raja Carl XVI Gustaf sempat menanam pohon ulin di halaman samping istana. Presiden Jokowi juga mengajak tamu negara untuk naik mobil golf dan mengelilingi danau di Kebun Raya Bogor, sebelum menikmati pemandangan dari beranda Istana Bogor.

Setelah puas mengelilingi Istana Bogor, kedua kepala negara menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman atau "Memorandum of Understanding" (MoU) di bidang bebas visa, transportasi dan industri kreatif yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Dalam pertemuan itu, Presiden Joko Widodo memberikan Bintang Republik Indonesia Adipurna kepada Raja Carld Gustaf sementara Raja juga menganugerahkan penghargaan "Order of Seraphim" kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam delegasi Raja dan Ratu Swedia tersebut juga didampingi oleh Menteri Infrastruktur Anna Johansson dan 31 perusahaan.

Raja dan Ratu Swedia berkunjung ke Indonesia pada 22-24 Mei 2017 dan akan mengunjungi tiga kota, yaitu Jakarta, Bogor, dan Bandung.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES