Pesan Kiai Hasyim Muzadi kepada Fadli Zon

Kamis , 16 Mar 2017, 13:28 WIB
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon
Foto: ROL/Fakhtar Lubis
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya ulama sekaligus tokoh bangsa KH Hasyim Muzadi. Fadli mengenang sosok Kyai Hasyim yang dinilai tak hanya sebagai ulama dan tokoh bangsa, tetapi juga seorang pemikir aktif di berbagai bidang.

"Khususnya dalam bidang kerukunan antarumat beragama. Tentu ini kehilangan yang sangat besar," ujar Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (16/3).

Menurut Fadli, Kyai Hasyim amat konsern dalam mengupayakan kerukunan umat beragama di Indoensia. Ia mengaku berkali-kali berinteraksi dengan Kyai Hasyim terkait bagaimana hubungan yang harmonis antara umat Islam dengan umat beragama yang lain.

"Begitu juga Islam jangan menjadi agama yang identik dengan sesuatu yang bertentangan dengan tradisi. Artinya internasionalisme itu yang Pak Hasyim sering katakan," kata Fadli.

Ia mengungkapkan, sosok Hasyim juga konsen terhadap isu komunisme. Menurut Fadli, Hasyim menekankan agar komunisme jangan sampai kembali menjadi kekuatan di tanah air, karena bertentangan dengan pancasila.

"Dua hal yang saya tau, akan konsen pak Hasyim yang begitu tinggi. Mudah-mudahan almarhum diberi satu jalan yamg mudah dan tempat terbaik di sisi Allah dan meninggal khusnul khotimah," ujar Politisi Partai Gerindra, tersebut.