Rabu , 08 Maret 2017, 18:06 WIB

KAI Sama Ratakan Harga Penjualan Tiket Mudik ke Semua Agen

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Republika/ Yasin Habibi
Tiket Kereta Api
Tiket Kereta Api

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Eksternal (KAI) memastikan akan memberikan akses sama rata kepada seluruh agen eksternal penjual tiket kereta api (KA) lebaran 2017. Saat ini sebanyak 60 persen penjualan tiket KA dilakukan oleh agen eksternal.

EVP Passenger and Ticketing Sales PT KAI Mukti Jauhari mengatakan pihaknya juga tidak membatasi kuota kepada masing-masing agen eksternal. Dengan begitu maka secara rata semua agen dapat menjual tiket KA yang disediakan PT KAI. "Semua kita sama ratakan, open saja untuk penjualan tiket kereta saat lebaran nanti," ujarnya saat acara kerja sama PT KAI dan Traveloka di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (8/3).

Menurut Mukti, banyak dan sedikitnya tiket yang didapat tergantung dari seberapa kuat infrastrukturnya. "Hanya infrastrukturnya saja, yang mana yang kuat dia lebih cepat dapat tidak ada bagi-bagi kuota. Jadi siapa cepat dia dapat," cetusnya.

Tiket kereta api untuk musim Lebaran 2017 sudah bisa dibeli pada 17 Maret 2017. KAI memperkirakan kemungkinan akan mengoperasikan tiga rangkaian kereta baru untuk Lebaran 2017 dan menyiapkan server gate yang akan menampung banyaknya pengakses.

Tahun lalu, PT KAI menyiapkan lebih dari empat juta kursi kereta api (KA) reguler atau 200 kursi per harinya untuk angkutan mudik Lebaran 2016. Pada angkutan Lebaran 2016, ada 344 perjalanan KA reguler untuk jurusan mudik ke Jawa dan Sumatera yang disiapkan. Jumlah tersebut naik dari Lebaran tahun sebelumnya sebanyak 340 perjalanan.