‎DPR: Bangsa Indonesia Harus Teladani Semangat Pahlawan

Jumat , 11 Nov 2016, 01:46 WIB
Pementasan drama kolosal Surabaya Membara sebagai peringatan Hari Pahlawan pada 10 November.
Foto: Antara
Pementasan drama kolosal Surabaya Membara sebagai peringatan Hari Pahlawan pada 10 November.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November dapat menjadi momentum mempererat persatuan dan kesatuan dalam membangun bangsa. Semangat juang para pahlawan harus ditiru oleh masyarakat, terlebih di tengah isu perpecahan dan ancaman global yang berpotensi bisa memecah belah bangsa saat ini.

"Nilai-nilai semangat perjuangan para pahlawan sudah menjadi keharusan diteladani oleh bangsa agar terus bisa berkontribusi positif membangun Indonesia," ujar anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, Kamis (10/11).

Menurutnya, meski berasal dari latar belakang dan asal usul yang berbeda, para pahlawan tidak menjadikan hal tersebut sebagai sebuah halangan. Justru perbedaan tersebut menjadikan mereka bersatu dan kekuatan semata berjuang untuk kejayaan Indonesia. Dengan berbagai keterbatasan pada saat itu, para pahlawan tetap pantang menyerah berjuang untuk Indonesia.

"Saya kira semangat pantang menyerah pahlawan menjadi motivasi bagi kita. Apapun kesulitan yang dihadapi bangsa Indonesia, kita harus yakin dan optimis bisa melaluinya," kata politikus dari Partai Nasdem tersebut.

Apalagi jika semua itu dilandasi dengan semangat persatuan dan kesatuan, terutama oleh anak muda agar terus berpikir kreatif dan positif.