Kamis , 10 November 2016, 17:27 WIB

Trump Kejutkan Indonesia dan Dunia

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
AP / Evan Vucci
Presiden terpilih Donald Trump tersenyum saat ia tiba untuk berbicara pada malam kampanye pemilu, Rabu, 9 November, 2016, di New York.
Presiden terpilih Donald Trump tersenyum saat ia tiba untuk berbicara pada malam kampanye pemilu, Rabu, 9 November, 2016, di New York.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Ade Komarudin, mengucapkan selama kepada Donald Trump yang terpilih menjadi presiden Amerika Serikat. Terpilihnya Trump, kata dia, dianggap mengejutkan banyak pihak.

Karena sebelum pemilihan berbagai survei justru memprediksi Hillary Clinton yang akan menang. "Ini mengejutkan seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Terkejut karena survei tidak laku, ternyata survei tidak dapat dipercaya," kata Ade, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (10/11).

Menurut pria yang akrab disapa Akom tersebut, terkejutnya masyarakat Indonesia karena kekhawatiran atas pandangan politik Trump, khususnya ke Indonesia. Namun, ia melihat hal itu mungkin karena Trump belum banyak mempromosikan gagasan-gagasannya mengenai politik luar negeri, termasuk untuk Indonesia. "Ia belum mengemukakan sedikitpun tentang pandangannya, untuk kawasan Asia Tenggara belum. Jadi kita masih menunggu apa kebijakan politiknya sekurang-kurangnya untuk kawasan Asia Tenggara," ucapnya.

Tetapi, lanjut dia, di bidang ekonomi, Trump akan melakukan kebijakan proteksionisme. Artinya, akan ada dampak kerjasama bukan hanya untuk Asia Tenggara, tapi juga Cina, Jepang maupun Korea. Oleh karena itu, kebijakan proteksionisme ini ini harus diwaspadai oleh para pengambil kebijakan di sektor ekonomi agar Indonesia bisa menyiasati supaya tak terkena dampak yang signifikan.