Tuesday, 6 Jumadil Awwal 1439 / 23 January 2018

Tuesday, 6 Jumadil Awwal 1439 / 23 January 2018

Ibu Negara Tinjau Layanan Pemeriksaan Kanker di Medan

Rabu 02 November 2016 17:41 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani

Warga membaca buklet berisi informasi tentang Kanker Serviks

Warga membaca buklet berisi informasi tentang Kanker Serviks

Foto: ANTARA/Andika Betha

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Mufidah Jusuf Kalla meninjau layanan pemeriksaan kanker bagi wanita yang berada di halaman Pasar Petisah, Medan Baru, Kota Medan, Rabu (2/11).

Ada enam bilik pemeriksaan yang disediakan di halaman pasar. Pengunjung yang mendaftar akan mendapatkan pelayanan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) untuk mendeteksi potensi kanker dalam tubuh mereka. Selain itu, ada pula tempat khusus untuk konsultasi KB.

Iriana dan Mufidah sempat berbincang dengan sejumlah pengunjung pasar yang tengah mengantre untuk mendapatkan layanan gratis tersebut.

Hingga pukul 15.00 WIB, ada 170 warga yang tercatat mendaftarkan diri mereka untuk ikut program pemeriksaan IVA. Dokter Helen, salah satu petugas kesehatan yang berjaga di lokasi menyebut, dari ratusan warga yang memeriksaan diri, ada tujuh orang yang terdeteksi kanker serviks, empat orang memiliki polip, tiga orang memiliki kista di rahim serta satu orang terdeteksi memiliki tumor di payudara.

"Mereka yang terdeteksi ini nanti akan dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan," kata Helen.

Layanan pemeriksaan dan konsultasi bagi wanita di Pasar Petisah terselenggara atas kerjasama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabineg Kerja (OASE KK), Pemprov Sumatra Utara serta BPJS Kesehatan.

Sebelumnya, 'Gerakan Nasional Percepatan Peran Serta Masyarakat dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan Indonesia' untuk periode 2015-2019 telah dicanangkan Iriana Jokowi pada 21 April 2015 lalu. Untuk memastikan pelaksanaan program tersebut, Ibu Negara telah melakukan kunjungan ke sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatra untuk melakukan sosialiasi pencegahan kanker pada masyarakat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES