Rabu , 10 Februari 2016, 21:44 WIB

Wartawan Republika Menangkan Penulisan Pariwisata HPN 2016

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Djibril Muhammad
istimewa
Logo HPN 2016
Logo HPN 2016

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wartawan Republika.co.id Angga Indrawan memenangkan penulisan lomba karya penulisan pariwisata dalam rangka Hari Pers Nasional 2016. Angga menyabet juara tiga untuk kategori media massa online berjudul Pesona Bahari Berbalut Kenangan Kolonial.

"Alhamdulillah, nggak nyangka, saya kirim lima ficer, dan yang menang ini bukan favorit karena hanya cerita sejarah saja," ujarnya kepada Republika.co.id, Rabu (10/2).

Angga tidak mengetahui standar penilaian dewan juri, tetapi dia mendapatkan kepercayaan diri dan motivasi dari wartawan seniornya Priyantono Oemar. Menurut dia, cerita tentang pesisir selatan ini hanya bersifat informatif saja dan tidak mendalam.

Dalam proses peliputannya pun, ia tak mengalami kendala berarti. Selama liputan dia dibantu tim Jelajah Republika dan pemerintah daerah, dalam hal ini dinas pariwisata setempat.

Selama setahun berada di desk Jelajah, Angga merasa mendapatkan banyak pengalaman. Dia selalu senang mengulas suatu daerah dari perjalanan sejarahnya.

Saat menulis pesisir selatan ini pun dia memulai untuk menemui sejarawan dan mengunjungi situs-situs sejarah di daerah tersebut. Kendala yang sering ditemui biasanya hanya masalah adaptasi ketika bertemu dengan budaya dan karakter yang berbeda.