Kamis, 4 Syawwal 1435 / 31 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

Polda Jatim Selidiki Kecelakaan Mobil 'Ferrari' Tucuxi

Minggu, 06 Januari 2013, 15:01 WIB
Komentar : 0
Antara/Andika Wahyu
Tucuxi, a ferrari-like prototype of electric car, performs in Bung Karno Stadium, Jakarta. The car is crashed during the test-drive by Minister of State-Owned Enterprises, Dahlan Iskan, in Solo. (file photo)
Tucuxi, a ferrari-like prototype of electric car, performs in Bung Karno Stadium, Jakarta. The car is crashed during the test-drive by Minister of State-Owned Enterprises, Dahlan Iskan, in Solo. (file photo)

REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN -- Tim Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Ditlantas Polda) Jawa Timur dan Laboratorium Forensik (Labfor) Polri Cabang Surabaya akan menyelidiki kasus kecelakaan mobil listrik Tucuxi yang dikendarai Menteri BUMN Dahlan Iskan.

"Kecelakaan tersebut menyangkut pejabat negara atau VIP, maka Ditlantas Polda dan Labfor akan turun tangan," ujar Kapolres Magetan AKBP Agus Santosa kepada wartawan, Ahad (6/1).

Menurut dia, tim Ditlantas dan Labfor akan menyelidiki lokasi kecelakaan yakni di wilayah Plaosan, Kabupaten Magetan. Sedangkan, bangkai mobil listrik Tucuxi saat ini masih diamankan di Markas Kepolisian Resor Magetan.Kondisi kaca mobil yang diberi label nomor DI 19 tersebut hancur. Beberapa bagian bodi dan bemper juga ringsek.

Selain Tucuxi, polisi juga mengamankan mobil Toyota Kijang bernomor polisi L-1041-AB yang sempat ditabrak Dahlan Iskan, usai menabrakkan pada tebing dan tiang listrik. Pihak Polres Magetan juga sudah memintai keterangan dari Dahlan Iskan dan pengendara mobil Toyota Kijang tersebut.

"Satlantas Magetan juga telah memintai keterangan dari saksi Marsono warga Jalan Biliton Kota Magetan untuk lebih memahami kejadian tersebut. Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi karena saat itu bersama keluarganya ada di lokasi," tambah Kapolres.

Berdasarkan keterangan Dahlan dan olah tempat kejadian perkara, untuk sementara Polres Magetan menduga penyebab kecelakaan karena rem Tucuxi yang mengalami blong.

Mobil listrik ala 'Ferrari', Tucuxi, milik Dahlan Iskan yang sedang menjalani tes tempuh jalan jarak jauh dari Jakarta menuju Surabaya mengalami kecelakaan di Plaosan, Magetan, Sabtu (5/1). Sebelum terperosok di Magetan, mobil tersebut berangkat dari Jalan Kebangkitan Nasional di Solo, Jawa Tengah, menuju Surabaya, Jawa Timur.

Mobil memang rencananya transit di Magetan. Menteri BUMN Dahlan Iskan berencana menghadiri acara salawat bersama keluarganya di PSM Takeran pada Sabtu (5/1) malam. Setelah itu, mobil akan dibawa melanjutkan perjalanan ke Surabaya.

Tucuxi yang dikemudikan Dahlan Iskan itu senilai sekitar Rp1,5 miliar. Dalam tes tempuh jalan jarak jauhnya dari Solo menuju Surabaya, mobil tersebut melintasi Tawangmangu, Karanganyar-Cemorosewu, Magetan dengan medan tanjakan di ketinggian sekitar 1.305 meter di atas permukaan air laut.

Mobil tersebut rancangan Danet Suryatama yang dikerjakan rumah bengkel modifikasi Kupu-Kupu Malam di Yogyakarta pada 2012. Mobil Tucuxi mempunyai kemampuan setara dengan mobil berbahan bakar BBM kapasitas 3.500 cc.

Redaktur : Djibril Muhammad
Sumber : Antara
'Ketahuilah, sesungguhnya bahwa malaikat tidak mau masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat patung.(HR Bukhari)
FOTO TERKAIT:
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar