Wednesday, 4 Safar 1436 / 26 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Tekan Korupsi, India Tiru Cara Jitu Brasil

Wednesday, 02 January 2013, 22:18 WIB
Komentar : 1
Republika/M Fakhrudin
Kemiskinan adalah salah satu faktor penyebab gizi buruk.
Kemiskinan adalah salah satu faktor penyebab gizi buruk.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI-- Untuk mengurangi tingkat korupsi, Pemerintah India akan mengucurkan miliaran dolar uang kesejahteraan sosial secara langsung.

Sebelumnya, pegawai pemerintahan yang ditunjuk, akan memberikan uang tunai pada orang yang memerlukan setelah dipotong. Tidak jarang pula, penghubung justru memanfaatkan sendiri uang bantuan yang ia terima.

Program yang diresmikan Selasa, (1/1) ini akan memberikan bantuan langsung tunai yang ditransfer ke rekening bank penerima. Sebagai alat identifikasi, penerima wajib membuktikan identitas mereka dengan data biometrik, seperti sidik jari atau pindai retina.

Menteri Keuangan P Chidambaram menyebut langkah ini merupakan terobosan baru. Tapi,  kritikus menuduh pemerintah justru terlalu terburu-buru mendorong program yang kompleks di negara dimana jutaan penduduk tidak memiliki akses terhadap listrik atau jalan beraspal, apalagi bank.

Program tersebut mencontoh program Bolsa Familia di Brasil, yang telah membantu mengeluarkan lebih dari 19 juta orang dari kemiskinan sejak 2003. India memiliki 440 juta penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan. Saat ini, ratusan juta warga India tidak memiliki dokumen indentitas.

Redaktur : Setyanadivita Livikacansera
Sumber : AP
Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan merupakan sedekah((HR Tirmidzi))
FOTO TERKAIT:
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
BBM Indonesia Naik di Amerika Malah Turun, Mengapa?
WASHINGTON DC -- Sementara harga BBM di Indonesia naik, di Amerika Serikat harga BBM justru turun ke level terendah selama hampir lima tahun...