Monday, 26 Zulhijjah 1435 / 20 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Ini Dia 3 Bidan Peraih Srikandi Award 2012

Wednesday, 19 December 2012, 12:49 WIB
Komentar : 2
healthmarketinnovations.org
Bidan tengah menjalani pelatihan
Bidan tengah menjalani pelatihan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga bidan berprestasi di Tanah Air mendapat anugerag Srikandi Award 2012.

Ketiga bidan berprestasi itu adalah  Bidan Sunarti dari Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta meraih penghargaan pertama untuk kategori Inisiatif Pemberdayaan Pangan dan Ekonomi Lokal.

Bidan Rahmi dari Muna, Sulawesi Tenggara meraih penghargaan pertama untuk kategori Inisiatif Peningkatan Kesehatan Anak.

Sedangkan, Bidan Siti Khlolifah dari Pacitan, Jawa Timur meraih penghargaan pertama untuk kategori Inisiatif Peningkatan Ibu.

''Kami telah menilai dengan seksama kesesuaian antara inisiatif program yang dijalankan dengan dampak yang diharapkan. Program terbaik akan dipilih berdasarkan wawasan dan penguasaan program, keunikan program, dan yang terpenting keberlanjutan program,'' ujar dr Kartono Mohamad, Ketua Dewan Juri Srikandi Award 2012.

Pihaknya berharap apresiasi kepada para bidan yang telah menjadi teladan masyarakat di bidang kesehatan dan sosial ini terus mendapat dukungan dari semua pihak.

''Kita juga berharap dan menjadi stimulasi dalam usaha jangka panjang pembangunan bangsa, khususnya dalam melindungi kualitas generasi mendatang melalui penggalakkan kesehatan ibu dan anak,'' harap Kartono.

Kartono mengungkapkan dari 250 bidan yang menjalankan program Pos Bhakti Bidan di 18 provinsi, terpilih sembilan bidan dengan inisiatif terbaik.

Lalu dari sembilan bidan menjalani penjurian akhir untuk memilih tiga bida terbaik dengan menentukan program terbaik berdasarkan tiga kriteria inisiatif, yaitu, inisiatif Pemberdayaan Ekonomi dan Pangan, Peningkatan Kesehatan Anak dan Peningkatan Kesehatan Ibu.

''Setiap tahunnya kami menerima begitu banyak proposal Pos Bhakti Bidan berisi program-program sosial di bidang kesehatan untuk memajukan kesehatan dan gizi masyarakat dimana bidan tersebut tinggal. Artinya semakin terlihat jelas peran bidan sebagai elemen penting dalam kehidupan masyarakat.''

''Kerja keras mereka dalam edukasi dan sosialisasi kesehatan, terutama di daerah-daerah yang memiliki kondisi geografis yang sulit dijangkau oleh tenaga kesehatan lainnya memang sangat dibutuhkan,'' ujar Yetty Leony M Irawan, Sekretaris Jenderal IIkatan Bidan Indonesia (IBI).

Srikandi Award 2012 diselenggarakan oleh IBI yang berkerj sama dengan Sarihusada, sebuah perusahaan yang tergabung dalam Danone Grup, perusahaan makanan dan minuman di empat kategori yakni nproduk fresh dairy, air mineral, nutrisi medis dan nutrisi bayi.

''Para bidan yang diseleksi berkecimpung dalam program sosial 'Pos Bhakti Bidan' untuk dukung peningkatan derajat kesehatan dan gizi ibu dan balita,'' terang Yetty.

Reporter : rusdy nurdiansyah
Redaktur : Heri Ruslan
Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Adik Presiden Obama Kirim Video Ucapan Selamat untuk Jokowi
 Presiden Obama mengirim delegasi khusus guna menghadiri upacara pengambilan sumpah pelantikan Presiden Indonesia Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Sementara diaspora Indonesia di Amerika...