Senin, 6 Zulqaidah 1435 / 01 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Sst, Ada 6.000 Lowongan Kerja di Luar Negeri, Mau?

Selasa, 04 September 2012, 11:48 WIB
Komentar : 4
Antara
Berburu lowongan kerja
Berburu lowongan kerja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membuka akses kerja bagi mereka yang berminat untuk melamar hingga sebanyak 6.000 lapangan pekerjaan yang ditawarkan oleh sekitar 50 perusahaan dengan penempatan di luar negeri.

"Jumlah lowongan kerja yang ditawarkan mencapai 6.000 lapangan kerja dengan penempatan di Amerika, Jepang, Korea," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo saat pembukaan "International Job Fair on Marine and Fisheries 2012" di Jakarta, Selasa.

Menurut Sharif, bursa tenaga kerja kelautan dan perikanan internasional itu selain memberikan kesempatan bekerja di dalam dan luar negeri, juga bertujuan memfasilitasi perluasan kesempatan bekerja bagi para lulusan pendidikan menengah dan pendidikan tinggi kelautan dan perikanan.

Bursa kerja tersebut diselenggarakan pada 4-6 September dan merupakan hasil kerja sama antara KKP dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, serta Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta.

Selain itu, juga telah ditandatangani kesepakatan bersama tiga kementeria yaitu KKP, Kemenakertrans, dan Kementerian Pendidikan Nasional tentang penyediaan pelayanan bersama informasi ketenagakerjaan kelautan dan perikanan.

"Saya harapkan sinergi ini dapat dilanjutkan serta diperluas lagi sasarannya secara efektif, efisien dan tetap fokus pada pelaksanaannya," tuturnya.

Terkait dengan masih tidak terserapnya angkatan kerja di sektor kelautan dan perikanan, Sharif mengatakan bahwa hal itu antara lain karena tidak sebanding tingginya pertumbuhan angkatan kerja dengan pertumbuhan kesempatan kerja.

Penyebab lainnya, menurut dia, adalah minimnya tingkat keterampilan para pencari kerja serta tidak adanya kesesuaian antara jenis pendidikan dengan kebutuhan pasar kerja, serta ketatnya persaingan dalam mencari pekerjaan.

"Masih besarnya jumlah pengangguran merupakan salah satu permasalahan serius yang menyimpan potensi negatif, sehingga dapat menghambat pembangunan khususnya dalam mendukung pembangunan industrialisasi kelautan dan perikanan," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan.

Lowongan kerja yang tersedia bervariasi seperti penangkapan ikan (awak kapal perikanan), permesinan perikanan, budi daya perikanan (pengelola tambak dan hatchery, serta laboratorium), pengolahan dan pemasaran produk hasil perikanan (petugas kontrol mutu, pengolah ikan, pemasaran).

Selain bursa tenaga kerja, para peserta juga dibekali dengan seminar pengembangan karir, presentasi profil perusahaan, konsultasi pekerjaan dan wirausaha, "talk show", bimbingan konseling.

Para pelamar dapat datang langsung ke lokasi di Gedung SME Tower, Jakarta, dengan membawa berkas lamaran, CV, dan pasfoto atau bisa pula mendaftar "online" (daring) melalui "website" (laman) www.jobskelautanperikanan.com.

Kegiatan ini tidak dipungut biaya, baik bagi pelamar kerja maupun perusahaan yang menyediakan lowongan kerja. 

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : Antara
Tiadakah kamu mengetahui bahwa kerajaan langit dan bumi adalah kepunyaan Allah? Dan tiada bagimu selain Allah seorang pelindung maupun seorang penolong. ((QS. Al-Baqarah [2]:107))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Inter Milan Gasak Stjarnan
MILAN -- Inter Milan tumbangkan Stjarnan dengan skor teak 6-0 dalam play-off second leg Liga Eropa di Stadion San Siro,  Jumat (29/8). Inter yang...