Sabtu, 8 Muharram 1436 / 01 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Polri Sebut Teror Solo Direncanakan dan Terorganisir

Jumat, 31 Agustus 2012, 13:58 WIB
Komentar : 2
Antara
Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar.
Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penembakan seorang polisi di Pos Singosaren, Solo Kamis (30/8) malam, disinyalir dilakukan secara rapi dan terorganisir. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Boy Rafli Amar mengatakan tindakan pelaku bukan kejahatan konvensional tapi dilakukan secara terorganisir dan dipersiapkan.

"Tindakan pelaku jelas ingin menimbulkan keresahan. Dengan target petugas kepolisian pasti ada sesuatu yang khusus yang harus didalami penyidik lebih lanjut" kata Boy kepada wartawan di Mabes Polri, Jumat (31/8).

Peristiwa penembakan anggota Polsek Serengan Bripka Dwi Data Subekti (58 tahun) merupakan peristiwa penyerangan terhadap aparat kepolisian selama satu bulan terakhir. Sebelumnya, penembakan dan pelemparan granat juga terjadi di dua pos pengamanan Lebaran di Surakarta pada 17 dan 18 Agustus lalu.

Mabes Polri telah menginstruksikan agar semua petugas yang berada di pos pengamanan atau subsektor di bawah Polsek untuk meningkatkan kewaspadaan. Peningkatan status siaga satu juga dinilai belum perlu dilakukan. 

Sejauh ini, Boy belum bisa mengungkapkan apa motif penembakan semalam di Solo. Yang jelas, menurutnya, kejadian tersebut dilakukan oleh kelompok yang resisten terhadap aparat kepolisian. Kasus penyerangan terhadap aparat sebelumnya juga pernah terjadi Purworejo, Cirebon, Medan dan Palu.

Disinggung apakah peristiwa tersebut memiliki kaitan dengan politik, Boy menyatakan belum melihat ke arah tersebut. Polisi akan melihat peristiwa ini secara proporsional dan tidak ingin terjebak dengan pemikiran yang tidak dilandasi fakta. Tindakan tembak di tempat bagi petugas bisa saja dilakukan sebagai kejahatan murni namun kepastian motif akan terus diselidiki.

Reporter : Ani Nursalikah
Redaktur : Hafidz Muftisany
Hai Bani Israil, ingatlah akan nimat-Ku yang telah Ku-anugerahkan kepadamu dan Aku telah melebihkan kamu atas segala umat. (QS. Al-Baqarah [2]:122)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Soal DPR Tandingan, Ketua DPD:Tunjukkan Semangat Merah Putih untuk Indonesia Hebat
JAKARTA -- Koalisi Indonesia Hebat (KIH) membentuk DPR tandingan. Kepada wartawan, Jumat (31/10) ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman turut prihatin. Ia...