Tuesday, 3 Safar 1436 / 25 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Karena Terlalu Lama Melaut, Nelayan Rentan Kena AIDS

Thursday, 30 August 2012, 00:01 WIB
Komentar : 1
Peduli HIV-AIDS
Peduli HIV-AIDS

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Kupang melakukan sosialisasi serta advokasi tentang penyebaran virus HIV/AIDS kepada masyarakat nelayan dan pelaut. Sosialisasi dilakukan di sejumlah titik di wilayah Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) itu.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Kupang, Bastian Benufinit, mengatakan pihaknya melakukan sosialisasi HIV/AIDS di sejumlah kelompok masyarakat yang dinilai sebagai kelompok rentan dalam aktivitas serta kebiasaannya. Kelompok yang memiliki peluang terinfeksi virus tersebut.

Menurut penilaian KPA, salah satu kelompok yang rentan dan berisiko terkena HIV/AIDS adalah kelompok nelayan dan pelaut. Benufinit menjelaskan alasannya karena aktivitas seorang nelayan dan pelaut lebih banyak berhubungan dengan lautan. Itu dilakukan dalam waktu yang cukup lama.

Namun jika sekali bertambat di dermaga, aktivitas di daratnya akan lebih mengarah kepada aktivitas yang berhubungan dengan tempat hiburan, karaoke dan pub.

"Kebiasaan inilah yang patut diantisipasi. Sehingga, kelompok ini juga kita golongkan ke dalam kelompok yang rentan dan berisiko tinggi," kata Benufinit.

Redaktur : Didi Purwadi
Sumber : Antara
Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya ketika saling berjumpa di hari Ied mereka mengucapkan: Taqabbalallahu Minna Wa Minka (Semoga Allah menerima amal ibadah saya dan amal ibadah Anda)(HR Imam Ahmad dalam Al Mughni (3/294))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Baru 10 Persen Tergarap, Wisata Lombok Masih Kalah Dari Bali
JAKARTA -- Lombok memang sudah menjadi destinasi wisata tersohor di Indonesia. Akan tetapi Lombok masih kalah tenar dengan tempat wisata yang ada di...