Thursday, 26 Safar 1436 / 18 December 2014
find us on : 
  Login |  Register

Bantuan PMI untuk Myanmar Baru Tahap Awal

Saturday, 25 August 2012, 22:13 WIB
Komentar : 1
Antara/Saptono
Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (kanan), didampingi Pengurus Bidang Penanggulangan Bencana PMI, Letjen TNI (Purn) Sumarsono (kedua kanan), memeriksa bantuan kemanusiaan untuk korban konflik Rohingya di bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (25/8).
Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (kanan), didampingi Pengurus Bidang Penanggulangan Bencana PMI, Letjen TNI (Purn) Sumarsono (kedua kanan), memeriksa bantuan kemanusiaan untuk korban konflik Rohingya di bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (25/8).

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON – Bantuan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk korban konflik komunal di negara bagian Rakhine, Myanmar telah tiba, Sabtu (25/8). Untuk penyaluran bantuan, PMI bekerjasama dengan Palang Merah Myanmar.

Acara penyerahan simbolis itu diserahkan oleh Pengurus Bidang Penanggulangan Bencana PMI Letjen (Purn) Soemarsono kepada Wakil Presiden Palang Merah Myanmar, Hla Pe.

Penyerahan bantuan disaksikan oleh Menteri Kesejahteraan Sosial Myanmar, U Soe Aung, dan Duta Besar Indonesia untuk Myanmar, Sabastian Soemarsono.

Pengurus Bidang Penanggulangan Bencana PMI, Letjen (Purn) Soemarsono, yang mewakili Ketua PMI Jusuf Kalla (JK) mengatakan, penyerahan bantuan ini merupakan tindak lanjut dari pembicaraan antara Jusuf Kalla dengan Presiden Myanmar, U Thein Sein, beberapa waktu lalu.

Di mana pada waktu itu JK mengatakan akan mengirimkan bantuan dari Indonesia. "Jadi, ini tahap pertama. Kami melakukan pengumpulan data terkait penyaluran bantuan," kata Soemarsono yang membacakan sambutan dari JK.

Menurutnya, JK akan datang kembali ke Myanmar pada 8 September untuk melakukan penandatanganan kesepahaman antara PMI dengan Palang Merah Myanmar tentang penyaluran bantuan. Sehingga bantuan yang disalurkan bisa mudah sampai ke para korban konflik komunal.

Sebelumnya di Jakarta, JK mengatakan bantuan ini murni berasal dari inisiatif PMI yang berasal dari bantuan masyarakat Indonesia. Namun, JK tak menampik jika pemerintah Indonesia juga akan ikut serta membantu penderitaan yang dihadapi oleh korban konflik melalui PMI.

"Pemerintah juga nanti akan bantu," kata JK saat melepas tim relawan yang membawa bantuan itu di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (25/8) pagi.






Reporter : Muhammad Hafil
Redaktur : Chairul Akhmad
Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)((QS ar-Rum: 41))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Andien Lebih Ngepop di Album Baru
JAKARTA --  Andien meluncurkan album keenamnya, "Let It Be My Way". Di album teranyarnya ini, Andien coba menyuguhkan alunan musik yang berbeda dari...