Tuesday, 27 Zulhijjah 1435 / 21 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Dijual: Hiu Raksasa, Harganya?

Thursday, 16 August 2012, 09:44 WIB
Komentar : 2
Hiu
Hiu

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU---Nelayan di Kelurahan Malabero, Kota Bengkulu, menjual ikan hiu raksasa hasil tangkapannya senilai dua juta rupiah kepada pedagang ikan di daerah itu.
"Ikan hiu seberat dua ton dan panjang tujuh meter itu berhasil ditangkap dengan jaring dan dibantu puluhan nelayan lainnya," kata seorang nelayan Kota Bengkulu Nudin di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan, ikan hiu raksasa yang lingkar badan dua meter dan kulit berbercak putih tertangkap jaring sekitar dua mil dari garis pantai. "Saya tidak menyangka akan mendapat ikan hiu sebesar itu dan menjadi tontonan warga di sekitarnya sebelum dijual," katanya.

Ia mengatakan, saat menjaring ikan bersama temannya, Sapri, di sekitar dua mil dari bibir pantai, terkejut ketika tiba-tiba mengetahui jaringnya seperti tersangkut dan tertarik sesuatu benda berat.

Untuk mengangkat jaring itu, ia minta bantuan kepada nelayan lainnya yang juga sedang melaut tidak jauh dari lokasi kapalnya. Setelah diketahui benda yang tersangkut itu adalah seekor hiu raksasa.

Ikan hiu tersebut berhasil ditarik ke darat dengan dibantu puluhan nelayan yang mengerahkan sebanyak enam kapal ikan. "Ikan tersebut lalu kami jual kepada pedagang ikan seharga dua juta rupiah dan uang hasil penjualan selanjunya dibagikan kepada nelayan yang telah membantu," katanya.

Seorang nelayan Kelurahan Malabero Wirmansyah mengatakan, ikan hiu tersebut sangat jarang ditemukan di Bengkulu karena biasanya hidup di kedalaman lebih dari 400-1.000 meter.
"Ikan hiu paus totol tersebut kami sebut hiu cecak karena berbercak putih dikulitnya, ikan itu kemungkinan hanya kebetulan melewati di perairan ini dan kena jaring nelayan," ujarnya.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : Antara
Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)((QS ar-Rum: 41))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Konversi Minyak ke Gas, Bisakah?
JAKARTA -- Konversi minyak ke gas bisa menjadi cara pemerintah untuk mengurangi konsumsi BBM di Indonesia. Pelaksana tugas Direktur Utama Pertamina Muhamad Husen...