Minggu, 20 Jumadil Akhir 1435 / 20 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Banjir Itu Melanda Saat Berbuka Puasa

Rabu, 25 Juli 2012, 04:46 WIB
Komentar : 4
antara
Kota Padang
Kota Padang

REPUBLIKA.CO.ID,  Suara azan Magrib masih berkumandang di masjid dan mushalla, Selasa (24/7). Kegembiraan warga menyambut buka puasa berubah menjadi kepanikan.

Hujan lebat yang mengguyur kota Padang memicu terjadinya banjir bandang.

"Tanpa disadari air di aliran sungai di beberapa wilayah yang ada di Kota Padang meluap," kata KabidPenanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran, Kota Padang, Edi Asri,

Saat hujan lebat yang melanda kota Padang, sejak pukul 16.30 WIB sampai pada pukul 20.00 WIB. Petugas Damkar, Kota Padang, serta BPDB Padang telah disiagakan untuk antisipasi terjadi banjir, pohon tumpang, serta rumah rusak ketika hujan lebat disertai angin kencang itu.

"Kita telah meminta semua personel untuk siaga penuh, saat hujan lebat," kata Edi Asri.

Hujan lebat disertai angin kencang melanda Kota Padang menyebabkan beberapa aliran sungai meluap. Air sungai yang meluap yakni Sungai Lubuk Kilangan sampai ke Ujung Tanah, Seberang Padang, Batang Anai, Sungai Kurao Pagang, serta Bantaran Hulu sampai Hilir Sungai Batang Kuranji meliputi daerah Limau Manis, Kuranji.

Luapan air sungai tersebut menyebabkan banjir hingga merendam rumah warga serta menghanyutkan rumah. Berdasarkan data sementara lima unit rumah yang berada di daerah Koto Tuo, dan Koto Panjang Pauh, Kota Padang.

"Banjir juga menerjang satu unit mushalla di Tabing Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo.Satu unit mobil di daerah Cangkeh, Kecamatan Lubuk Begalung," kata Edi Asri.

Banjir juga merendam rumah warga di daerah Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Belagung. "Warga di daerah tersebut sudah dievakuasi ke masjid, maupun mushala yang berada di tempat yang lebih tinggi," kata Edi Asri

Saat ini Tim SAR gabungan melakukan evakuasi untuk menyelematkan warga yang rumah terendam banjir maupun hanhut teebawa air bah.

"Tim SAR mengerahkan perahu karet untuk menyelematkan warga yang rumahnya terendam banjir," katanya.
Tujuh Lokasi

Berdasarkan data banjir bandang ada terjadi di tujuh titik yang ada di Kota Padang akibat hujan lebat disertai angin kencang. Tujuh titik yang dilanda air bah tersebut di antaranya kawasan Limau Manis, Batu Busuk, Kampung Koto, Cengkeh, Padang Besi, Kalumbuk, dan Tunggul Hitam.

Daerah yang dilanda air bah dari pantauan di lapangan ada yang terisolasi akibat akses jalan menuju lokasi kejadian sulit untuk dilalui tim penyelamat, seperti di kawasan Limau Manis, Kecamatan Pauh

"Luapan air banjir merendam rumah warga mencapai sedada orang dewasa hingga kini air masih belum surut,"kata Akmal.

Akibat air bah tersebut, banyak tiang listrik yang rubuh, jempatan putus, dan ratusan warga terisolasi, serta beberapa rumah hanyut.

Air bah yang melanda daerah tersebut terjadi sekitar pukul 18.30 WIB, saat masyarakat di daerah itu sedang berbuka puasa. Akibatnya arus lalu lintas juga sempat terganggu, di mana kemacetan panjang terjadi di lokasi yang ditimpa musibah.

Status Siaga Darurat
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang memberlakukan status siaga darurat banjir menyusul musibah air bah yang terjadi akibat luapan beberapa sungai di daerah itu.

"Kita dari BPBD memberlakukan satus siaga darurat karena ada beberapa titik yang dilanda air bah, dan ratusan kepala keluarga terpaksa mengungsi," kata Kepala BPBD Kota Padang Dedi Henidal.

Redaktur : Heri Ruslan
Sumber : Antara
Laknat Allah bagi penyuap dan yang menerima suap((HR Ahmad, Abu Dawud dan at-Tirmidzi))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  donny Kamis, 26 Juli 2012, 15:24
Kita berserah diri kepada Allah SWT karena ujian yg diberikan utk bisa kita naik tingkat keimanan dan ada hikmah dibaliknya......
  Cheesa Rabu, 25 Juli 2012, 12:07
Pray for Padang.....semoga musibah ini hanyalah berupa ujian dari Allah SWT kpd umatnya.......dan semoga selalu dberi ketabahan dalam menghadapinya......
  yasrizal Rabu, 25 Juli 2012, 08:38
Pray for Padang..... Semoga saudara2 kami diberi ketabahan...