Rabu, 26 Ramadhan 1435 / 23 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

Ini Dia Empat Tokoh Idola Habibie

Senin, 16 Juli 2012, 10:17 WIB
Komentar : 1
Mantan Presiden BJ Habibie dan istrinya mendiang Ainun
Mantan Presiden BJ Habibie dan istrinya mendiang Ainun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai seorang ilmuwan tersohor sekaligus negarawan, Bacharuddin Jusuf Habibie, tidak hanya dikenal dan diidolakan di dalam negeri namun juga di dunia internasional. Tapi siapa sangka, Presiden ketiga Indonesia itu justru punya empat orang idola yang semuanya asli Indonesia.

Siapakah empat idola ilmuwan yang dijuluki 'Mr. Crack' di dunia Barat itu? Tokoh idolanya yang pertama adalah sang proklamator, Bung Karno. "Karena Bung Karno lah yang menanamkan rasa nasionalisme ke dalam hati seluruh rakyat Indonesia," kata dia di sela acara tasyakur pembuatan film "Habibie dan Ainun" di Jakarta.

Tokoh idolanya yang kedua adalah Presiden Indonesia kedua, Soeharto. Menurut dia, Pak Harto telah sukses menunjukkan kepemimpinan dengan tidak meninggalkan budaya leluhur, terutama budaya Jawa.

"Tidak mungkin memimpin negeri ini dengan mengesampingkan budaya Jawa. Karena, sebagian besar penduduk Indonesia dari Jawa," imbuh mantan ketua umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) itu.

Tokoh idolanya yang ketiga dan keempat adalah dua begawan ekonomi Sumitro Djojohadikusumo dan Widjojo Nitisastro. Di mata Habibie, Sumitro adalah sosok intelektual yang sangat berani dan teguh dalam memperjuangkan ide-idenya. "Dia tamatan Belanda tapi sangat berani. Dia tantang Bung Karno hingga diusir, tapi tetap kembali lagi untuk berjuang," imbuh Habibie.

Sementara Widjojo Nitisastro dipandangnya sebagai ikon intelektual yang rendah hati. "Dia berpendidikan Barat tapi tidak meninggalkan karakter budayanya. Dia tetap rendah hati dan tahu diri," pungkas Habibie.

Reporter : Adi Wicaksono
Redaktur : Hafidz Muftisany
(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.(QS:Al Baqarah 197)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Buka Puasa Bersama Obama Diwarnai Seruan Boikot
WASHINGTON -- Acara buka puasa tahunan di Gedung Putih diwarnai seruan boikot, sebagai bentuk protes kebijakan pemerintahan Obama terhadap konflik di Gaza. Selengkapnya...