Senin, 6 Zulqaidah 1435 / 01 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Demi Kemerdekaan Palestina, Timur Tengah Harus Bersatu

Rabu, 04 Juli 2012, 13:41 WIB
Komentar : 1
goldenraindrop.wordpress.com
Bendera Palestina berkibar
Bendera Palestina berkibar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Pengakuan dan kemerdekaan negara Palestina akan sangat mudah untuk didapatkan dan diwujudkan apabila negara-negara yang berada di kawasan Timur Tengah mau mendukung keberadaan dan kemerdekaan Palestina itu sendiri serta bersatu.

"Dalam berbagai forum antar parlemen, Israel itu kecil, di tengah-tengah negara Timur Tengah. Kalau negara-negara di sana bersatu saya pikir suatu hal yang sederhana untuk bebaskan dan kebebasan Palestina itu," kata Ketua DPR RI Marzuki Alie, usai meresmikan Konferensi Internasional Pembebasan Palestina, di Hotel Savoy Homann Kota Bandung, Rabu (4/7).

Marzuki melihat selama ini negara-negara di Timur Tengah seolah tidak bersatu padu dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina, begitupun dengan rakyat Palestina yang terpecah menjadi dua kelompok yakni Fatah dan Hamas.

"Di forum antar parlemen saya selalu menyuarakan perlunya persatuan negara-negara Arab untuk mendukung kemerdekaan palestina. Kemudian yang kedua, rakyat Palestina sendiri harus bersatu. Tapi beberapa bulan lalu mereka sudah menandatangi kesepakatan untuk bersatu," kata dia.

Menurut dia, dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina sudah menjadi kebijakan luar negeri Pemerintah Republik Indonesia dan hal tersebut merupakan bagian dari amanat konstitusi negara.

"Bangsa Indonesia sangat berkepentingan dalam menyongsong kemerdekaan Palestina, karena kemerdekaan bangsa itu bagian dari amanat konstitusi kita. Indonesia sangat mendukung kemerdekaan Palestina karena bangsa Palestina adalah bangsa yang mengakui awal kemerdekaan bangsa Indonesia," kata Marzuki.

Oleh karena itu, kata dia, kemerdekaan Palestina dan konflik Israel-Palestina sudah sepatutnya menjadi perhatian semua pihak di dunia ini karena hal tersebut bukan lagi persoalann tentang kemerdekaan sebuah bangsa tapi sudah menyangkut soal hak asasi manusia.

"Konflik yang terjadi di sana telah merampas hak asasi manusia. Sehingga tidak alasan lagi bagi kita semua untuk tidak mendukung kemerdekaan Palestina," katanya.

Dikatakannya, peran dan dukungan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina tidak hanya dukungan dalam sidang atau forum antar parlemen namun juga aktivitas langsung seperti yang dilakukan anggota DPR RI yang mendatangi langsung wilayah tersebut.

Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Sumber : Antara
Rasulullah SAW bersabda:"Barangsiapa yang berwudhu lalu menyempurnakannya, lunturlah dosa-dosanya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya."( HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Inter Milan Gasak Stjarnan
MILAN -- Inter Milan tumbangkan Stjarnan dengan skor teak 6-0 dalam play-off second leg Liga Eropa di Stadion San Siro,  Jumat (29/8). Inter yang...