Sabtu, 19 Jumadil Akhir 1435 / 19 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Tentukan Awal Ramadhan, Kemenag Gelar Sidang Isbat

Senin, 02 Juli 2012, 04:10 WIB
Komentar : 24
Antara
Menag Suryadharma Ali
Menag Suryadharma Ali

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Menteri Agama, Suryadharma Ali mengatakan, pemerintah akan menetapkan awal bulan Ramadhan 1433 Hijriyah melalui sidang Isbat di Kementerian Agama. Sidang isbat bakal digelar Kemenag pada 19 atau 20 Juli 2012.

"Dalam penetapan awal bulan suci Ramadhan ini, melihat seperti tahun sebelumnya. Pemerintah akan melalui proses sidang Isbat," katanya di Bengkulu usai membuka acara Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) ke-3 PPP Provinsi Bengkulu di Pondok Pesantren Rahudatul Ulum Jenggalu, Ahad (1/7).

Dikatakan Menag, sidang Isbat untuk mendengarkan laporan dari berbagai tim yang ditugaskan bekerja di berbagai tempat untuk melakukan rukhiyah. Cara itu dilakukan dengan melihat bulan secara langsung atau mengunakan alat teropong bintang.

"Kalau memang bulan terlihat, maka kita tetapkan pada saat itu sebagai dimulainya bulan puasa. Itu berdasarkan ruhiyah. Saya belum tahu kapan apakah tanggal 19 atau 20 Juli masih menunggu laporan tim dulu," terang SDA mengakhiri.

Redaktur : Karta Raharja Ucu
Sumber : Antara
Tetangga adalah orang yang paling berhak membeli rumah tetangganya.((HR. Bukhari dan Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  orang NU Kamis, 19 Juli 2012, 21:19
buat bingung orang aja puasa koq pake sidang gg kayak dulu gg pake sidang
  afitzone Kamis, 19 Juli 2012, 20:27
berbeda itu indah......
  ismail Kamis, 19 Juli 2012, 19:38
aneh kemenag,,,dari kemarin sudah ditentukan tgl 21 juli awal puasa,,,sementara metode penentuan yang dipake ru'yat,
  abu_uning Kamis, 19 Juli 2012, 19:34
islam itu mudah, untuk menentukan masuk dan keluar ramadhan adalah dengan melihat hilal, sebagaimana hadis ibnu abas. gitu aja koq repot. jangan bikin kacau umat...
  abu_uning Kamis, 19 Juli 2012, 19:22
islam sebetulnya mudah, menentukan mulai dan akhir ramadhan dengan melihat bulan, gitu aja koq repot. bikin pecah umat aja....

  VIDEO TERBARU
Konsep SPBU ini Jadi Tren di AS
WASHINGTON -- Bayangkan, mengisi bensin sekaligus menikmati hidangan lezat yang dimasak langsung? Konsep yang sedang tren di Amerika ini memungkinkan warga memaksimalkan waktu...