Jumat, 7 Muharram 1436 / 31 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Ups, Cendol pun Diklaim Milik Malaysia

Rabu, 20 Juni 2012, 15:20 WIB
Komentar : 7
Amin/Republika
Es cendol
Es cendol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minuman cendol ternyata diklaim milik Malaysia, selain Tari Tor-Tor dan Gondang Sambilan. Makanan ini dianggap sebagai budaya yang sudah ada di Malaysia sejak lama.

"Itu kami ketahui dari Akta Warisan Kebangsaan Budaya Malaysia," jelas Wakil Menteri Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, saat rapat dengan Komisi X DPR, Rabu (20/6). Selain cendol, Malaysia juga mengklaim Tari Zapin, Rendang, dan Gamelan, sebagai warisan budaya mereka.

Zapin merupakan hasanah tarian rumpun Melayu yang mendapat pengaruh dari Arab. Tari Zapin pada mulanya merupakan tarian hiburan dikalangan raja-raja di istana setelah dibawa oleh para pedagang-pedagang di awal abad ke-16.

Tarian tradisional ini bersifat edukatif dan sekaligus menghibur, digunakan sebagai media dakwah Islamiyah melalui syair lagu-lagu zapin yang didendangkan. Musik pengiringnya terdiri dari dua alat yang utama yaitu alat musik petik gambus dan tiga buah alat musik tabuh gendang kecil yang disebut marwas.

Rendang dikenal sebagai masakan khas Sumatra. Masakan ini berupa daging, dimasak dengan santan yang dimasak hingga menghitam.

Gamelan merupakan alat musik yang biasa digunakan untuk mengiringi tarian di Tanah Jawa. Sedangkan cendol adalah minuman yang biasa dicampur dengan air gula dan santan yang berasal dari Indonesia.

Reporter : Erdy Nasrul
Redaktur : Hafidz Muftisany
Sebaik-baik menjenguk orang sakit adalah berdiri sebentar (tidak berlama-lama) dan ta'ziah (melayat ke rumah duka) cukup sekali saja.((HR. Ad-Dailami))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Pembahasan Presiden Rwanda dan Ketua DPD RI
JAKARTA --  Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman kedatangan Presiden Rwanda, Paul Kagame di Komplek Parlemen Senayan, Jumat (31/10). Ada beberapa hal...