Rabu , 20 June 2012, 14:19 WIB

Kemendikbud Tunggu Penjelasan Tertulis Malaysia Soal Tor-Tor

Rep: Esthi Maharani/ Red: Djibril Muhammad
Tari Tor Tor
Tari Tor Tor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunggu penjelasan tertulis dari Kementerian Penerangan, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia terkait tari Tor-Tor Mandailing dan Gondang Sembila.

Menurut Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Wiendu Nurhayati, penjelasan itu diperlukan agar dialog bisa terjadi. "Ini untuk mencari solusi yang memperkuat agar dugaan klaim tidak perlu terjadi lagi," katanya, Rabu (20/6).

Ia mengatakan, pihaknya sudah berdialog dengan duta besar Malaysia untuk Indonesia. Pemerintah Malaysia pun rencananya akan mengirimkan penjelasan tertulis kepada pemerintah Indonesia pada Rabu siang ini.

Penjelasan itu tak lain untuk memperlihatkan seperti apa pencatatan yang dilakukan Malaysia dalam rangka memasukan tari Tor-Tor Mandailing dan Gondang Sembila di Malaysia. Secara internal sendiri, pemerintah akan berdialog dengan DPR untuk mencari upaya tidak ada klaim dari negara tetangga lagi.

Menurutnya, menjaga agar kebudayaan Indonesia tidak diklaim bukanlah perkara mudah. "Tidak mudah karena negara kita adalah negara yang sangat besar dari sisi kekayaan budaya. Oleh karena itu, kemungkinan untuk ditiru, dicoba untuk 'diintip', disah-sahkan di negara tetangga, kemungkinan itu selalu ada," katanya.