Jumat, 5 Syawwal 1435 / 01 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

Tiga Kereta Tambahan Disiapkan PT KAI untuk Lebaran

Senin, 18 Juni 2012, 20:19 WIB
Komentar : 0
antara
Calon penumpang mengantre pemesanan tiket di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (7/6). Tiket kereta api untuk pemberangkatan H-4 dan H-3 Lebaran atau tanggal 16 dan 17 Agustus 2012 ludes terjual untuk semua jurusan di Jawa Timur dan Jawa Tengah.
Calon penumpang mengantre pemesanan tiket di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (7/6). Tiket kereta api untuk pemberangkatan H-4 dan H-3 Lebaran atau tanggal 16 dan 17 Agustus 2012 ludes terjual untuk semua jurusan di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) 5 Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng), menyiapkan tiga rangkaian kereta api tambahan untuk mengantisipasi masa arus mudik maupun balik Lebaran 2012.
    
"Tiga rangkaian KA Lebaran milik Daop 5 tersebut diberangkatkan dari Kutoarjo, terdiri dua rangkaian KA kelas ekonomi, yakni KA Kutojaya Utara Lebaran jurusan Kutoarjo-Pasarsenen dan KA Kutojaya Selatan Lebaran jurusan Kutoarjo-Kiaracondong, serta satu rangkaian kelas bisnis berupa KA Sawunggalih Malam Lebaran jurusan Kutoarjo-Pasarsenen," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Senin (18/6).
    
Secara keseluruhan, kata dia, pada lintasan Jakarta-Purwokerto-Solo-Malang dan Bandung-Kroya-Solo akan dilewati sembilan rangkaian KA tambahan Lebaran termasuk tiga rangkaian KA milik PT KAI Daop 5 Purwokerto.
    
Menurut dia, enam rangkaian KA tambahan Lebaran lainnya, yakni KA Gajayana Lebaran (eksekutif) jurusan Malang-Gambir, KA Argo Lawu Lebaran (eksekutif) jurusan Solo-Gambir, KA Argo Dwipangga Lebaran (eksekutif) jurusan Solo-Gambir, KA Lodaya Siang Lebaran (eksekutif dan bisnis) jurusan Solo-Bandung, KA Lodaya Malam Lebaran (eksekutif dan bisnis) jurusan Solo-Bandung, dan KA Pasundan Lebaran (ekonomi) jurusan Surabaya-Kiaracondong.
    
Ia mengatakan, KA tambahan Lebaran kelas ekonomi akan dioperasikan pada 12-27 Agustus 2012 (H-7 hingga H+7 Lebaran), sedangkan kelas komersial (bisnis dan eksekutif) pada 14-26 Agustus 2012 (H-5 hingga H+6 Lebaran).
    
"Masa perjalanan KA Lebaran kelas ekonomi selama 16 hari ini sesuai dengan kontrak penugasan dari pemerintah melalui mekanisme PSO (Public Service Obligation). Sementara masa perjalanan untuk KA Lebaran kelas komersial masih dimungkinkan untuk ditambah jika nantinya kondisi permintaan penumpang masih cukup banyak," katanya.
    
Menurut dia, pemesanan tiket KA tambahan Lebaran mulai dibuka pada 1 Juli 2012. Lebih lanjut Surono mengatakan, dari sembilan KA tambahan Lebaran lintas selatan yang akan melewati wilayah PT KAI Daop 5 tersebut total akan tersedia tambahan 4.700 tempat duduk setiap hari ke arah Jakarta dan Bandung serta sebaliknya, terdiri  2.436 tempat duduk kelas komersial dan sisanya sebanyak 2.264 seat kelas ekonomi.

Dengan penambahan sembilan KA Lebaran ini, kata dia, akan memperbesar kapasitas angkut kereta api di lintas selatan di masa angkutan Lebaran dari 15.278 penumpang menjadi 19.978 penumpang setiap hari ke arah Jakarta maupun Bandung dan sebaliknya.
    
"Untuk semua KA Lebaran ini tetap berlaku ketentuan pembatasan okupansi 100 persen sesuai jumlah tempat duduk dan tidak dijual tiket berdiri," katanya.
    
Dibanding Lebaran 2011, kata dia, jumlah kereta api tambahan yang dijalankan pada Lebaran 2012 lebih banyak. Menurut dia, pada masa angkutan Lebaran tahun lalu di lintas selatan hanya dijalankan tujuh KA tambahan Lebaran, yakni KA Argo Lawu Lebaran, KA Gajayana Lebaran, KA Sawunggalih Lebaran, KA Kutojaya Lebaran, KA Pasundan Lebaran, dan dua KA Komunitas.

"Secara keseluruhan untuk angkutan Lebaran tahun ini, PT KAI akan menjalankan 16 KA tambahan Lebaran di Jawa, yang terdiri dari sembilan KA Lebaran kelas komersial dan tujuh KA tambahan Lebaran kelas ekonomi dengan total kapasitas sebanyak 19.468 penumpang," katanya.

Redaktur : Djibril Muhammad
Sumber : Antara
Allah melaknat orang yang menyuap dan orang yang menerima suap(HR Muslim )
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Dubes Paraguay, Didampingi Istri Tercinta Temukan Indahnya Islam
 JAKARTA -- Duta besar Paraguay untuk ASEAN, Caesar Esteban Grillon Conigliaro telah memeluk agama Islam tahun 2013 lalu. Ada cerita menarik sebelum Ia memantapkan...