Sunday, 29 Safar 1436 / 21 December 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pertamina Jualan Minyak ke Timor Leste

Friday, 15 June 2012, 15:51 WIB
Komentar : 0
Karen Agustiawan
Karen Agustiawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) dan Timor Gas E Petroleo, perusahaan minyak nasional Timor Leste, menandatangani nota kesepahaman pengembangan bisnis bersama di sektor minyak dan gas bumi.

Kerjasama kedua belah pihak mencakup keseluruhan sektor bisnis minyak dan gas bumi, baik hulu, gas, pengolahan, pemasaran maupun untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan rencana kerjasama untuk sektor hulu dan pengolahan akan bersifat jangka panjang. “Di sektor pemasaran persiapan rencana kerjasama akan dituntaskan dalam waktu dekat termasuk SPBU, pasokan BBM untuk Timor Leste, dan peluang kerjasama di sektor hilir lainnya,” jelasnya Jumat (15/6).

Ia pun mengaku dalam waktu dekat kedua perusahaan akan segera membentuk kelompok studi terkait rencana kerjasama bisnis yang akan dilakukan. Pertamina dan Timor GAP akan segera membentuk suatu badan kerjasama bisnis yang akan menjadi model contoh overseas business Pertamina.

“Pertamina saat ini merupakan market leader di Timor Leste, terutama untuk bisnis hilir seperti BBM retail dan industri, avtur, LPG, dan pelumas,” tegasnya. Dikatakannya bisnis Pertamina di Timor Leste akan dijadikan sebagai sebuah model contoh overseas business Pertamina.

Upaya Pertamina menggandeng Timor GAP merupakan bentuk kepatuhan perusahaan terhadap regulasi setempat. Di mana negara tersebut menerapkan UU Downstream Democratic Republic of Timor Leste (RDTL) Decree Law untuk berusaha di Timor Leste.

Melalui UU tersebut, pelaku bisnis yang melaksanakan kegiatan usaha migas harus merupakan perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum RDTL. Selain itu, regulasi tersebut menetapkan kewajiban adanya participating interest oleh perusahaan lokal minimal lima persen.

 

Reporter : Sefti Oktarianisa
Redaktur : Hafidz Muftisany
Sesungguhnya Allah SWT mengampuni beberapa kesalahan umatku yang disebabkan karena keliru, karena lupa, dan karena dipaksa (HR Ibnu Majah, Baihaqi, dan lain-lain)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Kiprah Gamelan Sari Raras di California
CALIFORNIA -- Gamelan Sari Raras yang merupakan bagian dari Departemen Musik, University of California Berkeley (UC Berkeley). Dibentuk sejak tahun 1988 oleh Midiyanto,...