Senin, 26 Zulhijjah 1435 / 20 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Daftar Haji Tahun Ini, Berangkat Tahun 2021

Kamis, 24 Mei 2012, 18:24 WIB
Komentar : 1
www.kaheel7.com
Ka'bah di Masjidil Haram Makkah, kiblat umat Islam.
Ka'bah di Masjidil Haram Makkah, kiblat umat Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Umat Islam di Indonesia yang ingin menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci harus ekstra sabar. Pasalnya, umat Islam yang baru mendaftar tahun ini harus rela mengantre selama sembilan tahun. Artinya, mereka yang baru mendaftar tahun ini baru bakal berangkat pada 2021 mendatang.

"Sembilan tahun lamanya baru bisa berangkat naik haji bagi yang mendaftar tahun ini. Kita sarankan yang mendaftar itu mereka yang di bawah umur 60 tahun," kata Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bukittinggi, Khamidir di Bukittinggi, Kamis (24/5).

Khamidir mengatakan, masyarakat yang mendaftar naik haji pada tahun ini tidak bisa diberangkatkan tahun depan. Pasalnya, kata dia, pemberangkatan peserta haji pada 2013 telah ada. "Minat masyarakat Sumatera Barat untuk menunaikan ibadah haji cukup tinggi dan cenderung selalu meningkat setiap tahun," katanya.

Daftar tunggu calhaj terhitung sejak 2012 sampai 2021 dari perkiraan keberangkatan haji kuota Sumbar sebanyak 4.647 orang.
Daftar tunggu calhaj Bukittinggi tahun ini sudah mencapai 33.304 orang. Dari jumlah daftar tunggu tersebut, calhaj yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini hanya 350 orang sesuai dengan kuota. Mereka semua telah membayar setoran awal.

"Saat akan diberangkatkan ke Makkah, mereka harus melunasi ongkos naik haji (ONH) di bank penerima setoran biaya perjalanan ibadah haji (BPS-BPIH) yang telah ditunjuk pemerintah," imbuh Khamidir menjelaskan.

Lebih lanjut disebutkannya, calhaj Bukittinggi dalam melaksanakan ibadah haji selalu didampingi tenaga medis sebanyak lima orang, termasuk satu orang dokter dan dua orang perawat. Untuk konsumsi jamaah, tambah dia, telah diatur panitia haji di Arab Saudi. Di Madinah, Arafah dan Mina difasilitasi dengan nasi kotak, sementara di Makkah calhaj memasak sendiri.

"Agar calhaj tidak mengalami kendala mulai dari keberangkatan, saat melaksanakan ibadah dan kepulangan kembali ke Tanah Air, Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi telah menyiapkan petugas pendamping dan panitia," kata dia mengakhiri.

Redaktur : Karta Raharja Ucu
Sumber : Antara
Mimpi baik adalah dari Allah, sedangkan mimpi buruk adalah dari setan. Maka seandainya kalian mimpi buruk, meludahlah ke arah kiri dan berlindunglah kepada Allah, karena dengan demikian (mimpi buruk) itu tidak akan memerangkapnya(HR Bukhari)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Alasan John Kerry Hadiri Pelantikan Jokowi-JK
WASHINGTON DC -- Presiden Obama mengirim delegasi khusus guna menghadiri upacara pengambilan sumpah pelantikan Presiden Indonesia Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Berikut...