Sabtu, 25 Zulqaidah 1435 / 20 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Peringatan Bagi Kaum Perempuan, Waspadai Kanker Serviks

Sabtu, 05 Mei 2012, 21:22 WIB
Komentar : 0
akbidmus.ac.id
Kanker Serviks (ilustrasi)
Kanker Serviks (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --  Kaum perempuan di Indonesia diimbau untuk waspada terhadap kanker serviks. Peringatan ini dikemukakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar. "Badan Kesehatan Dunia menyebutkan kanker serviks menempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan," kata Linda Amalia Sari Gumelar, Sabtu (5/5).

Linda mengatakan, perempuan Indonesia bisa menghindari kanker serviks dengan melakukan berbagai langkah pencegahan karena jika diketahui sejak dini maka kanker dapat diobati. Dia juga mengatakan, sebagai mantan penderita kanker yang berhasil sembuh total beberapa tahun lalu maka dia berharap perempuan Indonesia mau ikut mewaspadai kanker sejak dini. "Saya mantan penderita kanker meskipun bukan kanker serviks melainkan payudara, namun semua jenis kanker bisa diobati jika diketahui sejak dini," katanya.

Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan RS Premier Jatinegara Dr Indrawati Dardiri Sp OG mengatakan, penyakit kanker serviks bisa dicegah sejak dini dengan melakukan berbagai langkah dan upaya. "Salah satunya adalah tidak berhubungan seksual dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan dan tidak melakukan hubungan seksual di usia dini," katanya.
Selain itu, memelihara kesehatan tubuh, rutin melakukan pap smear dan menghentikan kebiasaan merokok juga merupakan upaya pencegahan kanker.

Hal lain yang bisa dilakukan, kata dia, adalah memperbanyak konsumsi sayuran yang berwarna hijau tua dan kuning yang banyak mengandung beta karoten, vitamin C serta E serta melakukan vaksinasi untuk mencegah infeksi virus.

Redaktur : M Irwan Ariefyanto
Sumber : antara
Seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW Islam manakah yang paling baik? Rasulullah bersabda: Memberikan makanan, mengucap salam kepada orang yang engkau kenal dan yang tidak engkau kenal. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Gadai SK, Jadi Cerminan Masalah RUU Pilkada?
 MAKASSAR -- Belakangan ini banyak anggota DPRD terpilih yang menggadaikan SK. Terkaiy hal tersebut pakar komunikasi politik Effendi Gazali menilai itu sebuah hal...