Minggu, 12 Rabiul Akhir 1436 / 01 Februari 2015
find us on : 
  Login |  Register

Waisak, Borobudur Tetap Buka untuk Umum

Kamis, 26 April 2012, 07:16 WIB
Komentar : 1
Borobudur
Borobudur

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG - Masyarakat umum dan pengunjung tetap bisa masuk ke Candi Borobudur selama perayaan puncak Waisak berlangsung di candi tersebut pada 6 Mei 2012.

Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Pujo Suwarno di Magelang, Kamis mengatakan, kunjungan umum tetap berjalan seperti biasa pada puncak perayaan Waisak maupun rangkaiannya.

"Candi Borobudur tidak ditutup, namun kami atur agar umat Buddha bisa menjalankan ibadah dengan khidmat dan khusyuk, sedangkan pengunjung tetap bisa menikmati Candi Borobudur tanpa mengganggu kenyamanan umat Buddha beribadah," katanya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, katanya, sekitar 10.000 umat Buddha akan merayakan Waisak di Candi Borobudur.

Ia menuturkan, pada 2-3 Mei 2012 rangkaian Waisak telah dimulai dengan kegiatan bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan operasi bedah minor dilaksanakan di Lapangan Lumbini dan Hotel Manohara kompleks Candi Borobudur.

Pada 4-5 Mei 2012 dilakukan pengambilan api abadi dari Mrapen Kabupaten Grobogan dan air suci dari Umbul Jumprit Kabupaten Temanggung. Tanggal 6 Mei 2012 pelaksanaan detik-detik Waisak pada pukul 10.30 WIB dipusatkan di Candi Mendut, dilanjutkan prosesi menuju Candi Borobudur sekitar pukul 13.00 WIB.

Redaktur : Hafidz Muftisany
Sumber : Antara
Celaka bagi orang yang bercerita kepada satu kaum tentang kisah bohong dengan maksud agar mereka tertawa. Celakalah dia...celaka dia. ((HR. Abu Dawud dan Ahmad))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Yuk... Cerdas Menggunakan dan Memahami Gadget
JAKARTA -- Penggunaan gadget bila tidak tepat bisa berakibat negatif. Berlandaskan hal tersebut, PB Wanita Al-Irsyad mengadakan seminar bertajuk 'Smart with Gadget'. Ketua pelaksana...