Kamis , 26 April 2012, 01:03 WIB

Gara-gara Korsleting Listrik, Puluhan Rumah Habis Terbakar

Red: Endah Hapsari
Antara/Fiqih Arfani
Seorang petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan jilatan api yang membakar sebuah gudang. (ilustrasi)
Seorang petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan jilatan api yang membakar sebuah gudang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sebanyak 30 rumah semi permanen hangus terbakar saat kebakaran terjadi di Jalan Kenari II, Salemba, Jakarta Pusat.

Ketua RW 4, Andi (49 tahun) mengatakan, penyebab kebakaran diduga karena korsleting listrik dari rumah Ketua RT 3 bernama Baneang. Kebakaran terjadi sekitar pukul 13.55 Wib, Rabu (25/4). "Saat ini pendinginan masih terus dilakukan oleh petugas. Beberapa petugas masih menelusuri dengan pasti sebab terjadinya kebakaran di sini," kata Andi.

Sedikitnya 30 mobil pemadaman kebakaran dari Sudin Kebakaran Jakarta Pusat dikerahkan untuk memadamkan api agar tidak menjalar ke rumah lainnya.

Sementara itu, salah seorang warga, Inin (64) mengaku saat kebakaran dirinya sedang memasak di luar rumah. "Saya melihat api di belakang sudah membesar, saya kabur dan teriak kebakaran," katanya.

Menurut salah seorang anggota kepolisian, Aiptu Jono, pemadam tampak kesulitan memadamkan api lantaran sulit menjangkau lokasi kebakaran. "Mobil pemadam kebakaran hanya dapat diparkir di ujung jalan. Nggak bisa masuk ke dalam. Beruntung petugas pemadam dibantu warga berhasil memadamkan api secepatnya," kata Aiptu Jono.

Aiptu Jono mengungkapkan, kebakaran tersebut belum diketahui penyebab kebakaran. "Belum ada juga laporan kerugian material akibat kebakaran ini," katanya.

Sementara itu, beberapa warga yang rumahnya ludes terbakar hanya meratapi nasibnya. "Rumahku habis terbakar, hanya tersisa baju yang saya pakai. Usaha bertahun-tahun langsung ludes kena api," kata Mahmut (43) terduduk lemas sambil menangis.

Sumber : Antara