Jumat, 28 Muharram 1436 / 21 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Hari Kartini, 21 Perempuan akan Gowes Jepara-Bandung

Rabu, 18 April 2012, 12:47 WIB
Komentar : 0
Republika/Tahta Aidilla
Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar ketika melepas rombongan tim srikandi tahun lalu
Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar ketika melepas rombongan tim srikandi tahun lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Sebanyak 21 perempuan yang berasal dari seluruh Indonesia akan bersepeda dari Jepara ke Bandung pada 21-27 April 2012. Acara ini sekaligus mengulang keberhasilan perjalanan para Srikandi Jilid 1 pada 21 April 2011 lalu.

Perjalanan selama enam hari ini bertemakan “Merayakan Semangat Perempuan Pahlawan Indonesia Menuju Generasi Penerus Yang Bermartabat”.

Para perempuan tersebut tergabung dalam tim Bike to Work  akan menempuh jarak 588 km. Tim ini akan berangkat dari Jepara Jawa Tengah pada (21/4) mendatang. Kemudian mengakhiri perjalanan di Bandung, Jawa Barat pada (27/4). Mereka ini adalah gabungan dari berbagai latar belakang, profesi, umur dan kemampuan bersepeda.

Tim srikandi akan melewati tiga propinsi dengan rute etape pertama Jepara-Solo, etape kedua Solo-Yogyakarta, etape ketiga Yogyakarta-Gombong. Etape keempat Gombong-Majenang, etape kelima Majenang-Tasikmalaya, Etape keenam Tasikmalaya-Bandung.

Ida Suselo Wulan, deputi dua bidang pengarusutamaan gender bagian politik, sosial dan hukum kementerian pemberdayan perempuan dan perlindungan anak mengatakan bahwa dengan kampanye ini telah meningkatkan minat masyarakat untuk mencitai olahraga bersepeda.

“Sepeda merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan dan ini sejalan dengan program Kementerian Lingkungan Hidup tentang pengurangan pemanasan global” ujar Ida pada (19/4).

Selain melakukan perjalanan dengan sepeda, Tim Srikandi juga akan melakukan ziarah ke makam Dewi Sartika, Raden Ajeng Kartini dan Nyi Ahmad Dahlan.

Tim srikandi juga terus melakukan latihan setiap weekend dengan jarak tempuh sekitar 70-100 km tiap sesi latihan. Latihan ini dilakukan selama lima kali untuk mempersiapkan fisik dan mental para bikers ini.

Reporter : Umi Lailatul
Redaktur : Hafidz Muftisany
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Sereh Dapat Dongkrak Performa BBM?
JAKARTA -- Sereh selama ini dikenal sebagai bumbu bahan makanan atau juga diolah sebagai minyak gosok. Ternyata, sereh juga mampu diolah sebagai bio...