Kamis, 12 April 2012, 19:02 WIB

Giliran Lampung Barat Digoyang Gempa 5,2 SR

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Karta Raharja Ucu
BMKG
Pusat gempa di kabupaten Simeulue Nangroe Aceh Darusalam
Pusat gempa di kabupaten Simeulue Nangroe Aceh Darusalam

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Wilayah Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, gempa pada Kamis (12/4) 18:02:04 WIB. Warga Krui dan Liwa sempat panik dengan getaran gempa.

Laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan G Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) area gempa terjadi pada 109 km Barat Daya Kabupaten Lampung Barat, dengan magnitude (kekuatan) 5,2 skala richter (SR), lokasi -5.89, 103.56, dengan kedalaman 10 km.

Indra, warga Liwa, Ibu Kota Kabupaten Lampung Barat mengaku, merasakan ada getaran gempa pada waktu Maghrib tersebut. "Memang ada rasa getarannya, tapi kecil sebentar," katanya saat dihubungi, Kamis (12/4).

Ia menuturkan, belum ada kerusakan rumah warga karena getarannya kecil dan tidak lama. Namun, warga Liwa dan Krui, sudah panik dan tetap waspada, jika terjadi gempa susulan. Wilayah kabupaten ini selalu menjadi langganan gempa sejak terjadi gempa Liwa pada 1994 silam sebesar 7,8 SR.

Sebelumnya, Nangroe Aceh Darussalam dan pesisir barat Sumatera disambangi gempa berkekuatan mulai dari 6,1 hingga 8,8 SR, Rabu (11/4) kemarin.

loading...