Sunday, 26 Zulqaidah 1435 / 21 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Mabes Polri Tetapkan Mantan Menkes Sebagai Tersangka

Thursday, 12 April 2012, 13:27 WIB
Komentar : 1
MANTAN MENKES DIPERIKSA KPK. Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari berada di dalam kendaraannya seusai menjalani pemeriksaan di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (11/1). Mantan Menkes tersebut diperiksa sebagai saksi kasus kor
MANTAN MENKES DIPERIKSA KPK. Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari berada di dalam kendaraannya seusai menjalani pemeriksaan di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (11/1). Mantan Menkes tersebut diperiksa sebagai saksi kasus kor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan menteri kesehatan, Siti Fadilah Supari ditetapkan sebagai tersangka dalam sidang perkara pengadaan alat kesehatan yang kasusnya ditangani di Mabes Polri.

Informasi itu terungkap setelah mantan bawahannya, Kepala Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan Kementerian Kesehatan,  Mulya Hasjmi bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (12/4). Ia bersaksi untuk terdakwa M Naquib yang merupakan mantan direktur pemasaran di salah satu anak perusahaan PT Indofarma.

Status Siti Fadilah terungkap saat salah satu kuasa hukum Naquib melontarkan pertanyaan mengenai kapan Mulya diperiksa di Mabes Polri.

"Kapan saksi terakhir diperiksa oleh penyidik Bareskrim Mabes Polri dan dalam kaitan apa?" tanya kuasa hukum.

“Saya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Siti Fadilah Supari, sekitar dua pekan lalu,” jawab Mulya.

Untuk diketahui, kasus pengadaan alat kesehatan yang melibatkan Mulya Hasjmi tersebut ditangani tiga lembaga penegak hukum. Yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan Agung, dan Mabes Polri. KPK sudah menetapkan Mulya sebagai tersangka sejak 2010 lalu, namun hingga kini ia belum ditahan. Sedangkan Kejagung sudah menetapkan Mulya menjadi terdakwa. Ia didakwa melakukan penunjukan langsung alat kesehatan dengan menggunakan APBN tahun anggaran 2005.

Jaksa mendakwa Mulya dalam dakwaan primer dengan pasal 2 ayat (1) huruf a junto pasal 18 UU Tipikor. Namun, belum diketahi penetapan dirinya menjadi tersangka oleh Mabes Polri untuk kasus apa.

Siti Fadilah Supari sudah berulangkali disebut terlibat dalam kasus ini. Dalam pemeriksaan di KPK, Siti Fadilah sudah berulangkali diperiksa sebagai saksi.

Reporter : Muhammad Hafil
Redaktur : Karta Raharja Ucu
Apabila Allah memberikan kenikmatan kepada seseorang hendaknya dia pergunakan pertama kali untuk dirinya dan keluarganya.((HR. Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Gadai SK, Jadi Cerminan Masalah RUU Pilkada?
 MAKASSAR -- Belakangan ini banyak anggota DPRD terpilih yang menggadaikan SK. Terkaiy hal tersebut pakar komunikasi politik Effendi Gazali menilai itu sebuah hal...