Rabu, 26 Ramadhan 1435 / 23 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

PWI Tolak Panduan Pedoman Perilaku Penyiaran KPI

Selasa, 10 April 2012, 21:50 WIB
Komentar : 0
Logo PWI dan KPI
Logo PWI dan KPI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menolak mengikuti Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS), khusus bidang jurnalistik yang diberlakukan mulai 1 April 2012 di Surabaya.

Siaran pers PWI yang diterima di Jakarta, Selasa (10/4), menyebutkan, penolakan itu dilakukan setelah melalui rapat pleno PWI Pusat hari ini.

Siaran pers yang ditandatangani oleh Sekjen PWI Pusat Hendri Ch Bangun itu menyebutkan setidak terdapat tiga alasan penolakan tersebut.

Pertama, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melalui P3 dan SPS 2012 dinilai melanggar UU No.40/1999 tentang Pers yang menyatakan, terhadap pers nasional dilarang dilakukan penyensoran, pembredelan dan penghentian siaran.

Kedua, KPI melanggar UU No.32/2002 tentang Penyiaran, khususnya pasal 42 yang berbunyi, "Wartawan penyiaran dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik media elektronik tunduk kepada Kode Etik Jurnalistik dan peraturan perundangan yang berlaku."

Ketiga, PWI sebagai bagian masyarakat penyiaran bidang jurnalistik tidak dilibatkan dalam proses pembuatan P3 dan SPS 2012 sebagaimana diamanatkan oleh penjelasan pasal 8 ayat 2 huruf b UU Penyiaran No.32/2002.

Terkait dengan itu, PWI menyerukan kepada seluruh wartawan penyiaran, khususnya anggota PWI untuk tetap tunduk dan menaati Kode Etik Jurnalistik yang disahkan Dewan Pers.

Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Sumber : Antara
Tiadakah kamu mengetahui bahwa kerajaan langit dan bumi adalah kepunyaan Allah? Dan tiada bagimu selain Allah seorang pelindung maupun seorang penolong. ((QS. Al-Baqarah [2]:107))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Buka Puasa Bersama Obama Diwarnai Seruan Boikot
WASHINGTON -- Acara buka puasa tahunan di Gedung Putih diwarnai seruan boikot, sebagai bentuk protes kebijakan pemerintahan Obama terhadap konflik di Gaza. Selengkapnya...