Minggu, 20 Jumadil Akhir 1435 / 20 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Daftar Tunggu Jamaah Haji Bengkulu Hingga 2020

Selasa, 03 April 2012, 08:29 WIB
Komentar : 0

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU - Daftar tunggu jamaah haji yang masuk daftar tunggu di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu tercatat sebanyak 8.708 orang dan jadwal pemberangkatannya hingga 2020.

Pendaftaran calon haji sebanyak itu melalui sistem komputerisasi kabupaten/kota, dengan kuota pemberangkatan setiap tahun mencapai 1.599 orang, kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Taufiqurrahman, Selasa (3/4).

Ia mengatakan, panjangnya daftar tunggu calon haji di Kota Bengkulu itu karena membaiknya kondisi perekonomian dan kesadaran beribadah warga terus meningkat. Mereka tercatat sebagai calon haji setelah memenuhi biaya perjalanan ibadah haji sebesar Rp25 juta dan melengkapi persyaratan administrasi.

Para calon haji sebanyak itu terdaftar di sepuluh kabupaten/kota dan terbanyak berada di Kota Bengkulu dan paling sedikit di Kabupaten Kaur hanya 212 orang, katanya.

Kasub Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Junni Muslimin menjelaskan, dari 8.708 calon jamaah haji (calhaj) yang telah mendaftar, terbanyak terdapat di Kota Bengkulu yakni 2.588 orang, dengan kuota per tahun sebanyak 305 orang berarti daftar tunggu daerah itu mencapai hingga 2020.

Daftar tunggu terbanyak kedua terdapat di Kabupaten Rejang Lebong yang telah terisi hingga 2018, warga yang mendaftar sebagai calon haji di daerah itu sebanyak 1.589 orang dengan kuota pertahun 230 orang.

Selanjutnya, daftar tunggu terbanyak ketiga terdapat di Kabupaten Bengkulu Utara tercatat 1.316 orang, dengan kuota per tahun sebanyak 288 orang dan pemberangkatan terakhir tahun 2016.

Untuk Kabupaten Mukomuko daftar tunggu haji sebanyak 816 orang, dengan kuota 175 orang per tahun auat keberangkatan terakhir juga pada tahun 2016.

Kemudian daftar tunggu calon haji di Kabupaten Kepahiang terisi hingga 2018, dari kuota sebanyak 108 orang, kini telah terdaftar sebanyak 674 orang.

Di Kabupaten Seluma, daftar tunggu calhaj telah terisi hingga 2014, warga seluma yang mendaftar sebagai calhaj sebanyak 516 orang dari kuota sebanyak 169 orang.

Sementara di Kabupaten Bengkulu Selatan dari kuota sebanyak 127 orang, warga telah mendaftar Sebanyak 503 orang dan di Kabupaten Lebong telah mendaftar sebanyak 494 orang dari kuota 91 orang, sehingga daftar tunggu telah terisi sampai 2017.

Daftar tunggu calon haji paling sedikit berada di Kabupaten Kaur, warga yang telah mendaftar sebagai calhaj sebanyak 212 orang dari kuota sebanyak 106 orang. "Kami menyarankan kepada warga mampu untuk mendaftar menjadi calon jamaah haji selagi kondisi fisik masih prima," ujarnya.

Redaktur : Djibril Muhammad
Sumber : Antara
Ada seorang lelaki berkata kepada Nabi SAW: "Berilah aku nasihat!" Beliau menjawab: "Jangan marah" Orang itu berulangkali meminta supaya dirinya dinasihati, maka Rasulullah SAW tetap mengatakan: "Jangan marah!" (HR. Bukhari)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Konsep SPBU ini Jadi Tren di AS
WASHINGTON -- Bayangkan, mengisi bensin sekaligus menikmati hidangan lezat yang dimasak langsung? Konsep yang sedang tren di Amerika ini memungkinkan warga memaksimalkan waktu...