Friday, 30 Zulhijjah 1435 / 24 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Ban Ki-Moon Hadiri Dialog Pertahanan Kemenhan

Monday, 05 March 2012, 10:36 WIB
Komentar : 1
BBC
Ban Ki Moon
Ban Ki Moon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Universitas Pertahanan (Unhan) menyelenggarakan Jakarta International Defense Dialogue (JIDD) 2012 di Jakarta Convention Center pada 21-23 Maret. Rektor Unhan Syarifudin Tippe mengatakan, JIDD dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, dan mantan presiden Filipina Filipina, serta Asisten Direktur Intelijen National Amerika Serikat Letjen Michael Flynn.

Adapun tema pembahasan yang dipaparkan Ban Ki-moon adalah 'Operasi Militer Selain Perang-Kolaborasi dan Integrasi untuk Memperkuat Keamanan dan Stabilitas Global'.

Menurut Tippe, dialog internasional ini dirancang untuk mengembangkan strategi global, regional, dan nasional dalam upaya memberantas kekerasan berdalih kepercayaan dan pergolakan di kalangan masyarakat. "Ini untuk mengantisipasi terorisme dan penyebaran senjata ilegal," kata Tippe di kantornya, Senin (5/3).

Menurutnya, beberapa negara di Asia Pasifik yang memiliki karakter berbeda-beda saat ini menghadapi tantangan yang hampir sama, yakni, ancaman terorisme dan tahapan pergolakan ideologi di masyarakat yang menjurus ancaman keamanan.  Fakta itu mengharuskan negara-negara tersebut bekerja sama menemukan solusi terbaik dengan mengharmonisasi interaksi institusi intelijen, militer, dan kepolisian.

Reporter : Erik Purnama Putra
Redaktur : Dewi Mardiani
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Pengamat AS: Jokowi Perlu Bentuk Pemerintahan yang Profesional
Hiruk pikuk transisi demokrasi telah usai, kini pasangan Jokowi-JK resmi menjadi pemimpin negara dan mengemban amanah rakyat. Namun menurut sejumlah pengamat, Presiden Jokowi...