Rabu, 26 Ramadhan 1435 / 23 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

Novel 'Harmoni Dalam Tanda Tanya' Jawaban atas Pertanyaan Penonton

Rabu, 22 Februari 2012, 07:05 WIB
Komentar : 1
Republika/Agung Supriyanto
Sutradara film
Sutradara film "Tanda Tanya", Hanung Bramantyo (tengah) bersama aktor Hengky Sulaiman (kanan) serta produser dan distributor DVD film "Tanda Tanya", Ronny Tjandra (kiri) saat peluncuran DVD/CD film "Tanda Tanya (?)" di Jakarta, Selasa (21/2). Selain pelun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Bagi Anda yang pernah menonton film 'Tanda Tanya', tanapaknya Anda juga perlu membaca novel yang diadaptasi dari film yang dibesut sutradara kondang Hanung Bramantyo ini.

Apa pasaal? Novel adaptasi yang berjudul 'Harmoni Dalam Tanda Tanya' itu menyajikan cerita yang lebih lengkap dari filmnya.

Novel ini menceritakan banyak kisah yang tidak terpaparkan dalam filmnya yang berdurasi 100 menit itu. Dalam novel ini pembaca akan diajak untuk mengikuti kisah cinta antara Menuk dan Ping Hen, mengapa akhirnya Menuk lebih memilih Soleh sebagai pasangan hidupnya, atau bagaimana kedua orangtua Rika dalam menghadapi perpindahan agama anaknya.

"Novel ini memberikan latar belakang yang lengkap dari masing-masing karakter, sehingga pembaca bisa menyimpulkan sendiri dengan sudut pandang yang berbeda,"kata Iqbal, staf Mahaka Publishing.

Hal serupa juga dikatakan  Adriyati, salah satu penulis novel itu. "Dalam novel ini pembaca diajak untuk mengetahui pengembangan latar belakang karakter pemain, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan penonton, yang mungkin timbul dari menonton film tersebut," ujarnya.

Inti cerita Novel ini, sebenarnya sama dengan filmnya, yaitu tentang kehidupan beberapa anak manusia yang hidup berdampingan di satu kota, Pasar Baru, dengan segala perbedaan dan problematika yang berbeda-beda. Namun, mereka berusaha untuk hidup rukun dan damai dalam harmoni yang ingin mereka bangun. Meski begitu, ada saja terpetik nada berbeda dalam alunannya, sehingga mengundang banyak tanda tanya.

Novel 'Harmoni Dalam Tanda Tanya' ini ditulis oleh Melvy Yendra dan Adriyati dan diterbitkan oleh Mahaka Publishing, "Novel ini diluncurkan pada Desember lalu, dan mendapat respons yang bagus dari masyarakat," ujar Iqbal.

 

Reporter : Aghia Khumaesi
Redaktur : Heri Ruslan
Dan janganlah kamu campur-adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu sedang kamu mengetahui.(QS Al-Baqarah: 42)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Pidato Kemenangan Jokowi-JK
JAKARTA -- Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, menyampaikan pidato kemenangannya, di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa...