Minggu, 15 Zulqaidah 1436 / 30 Agustus 2015
find us on : 
  Login |  Register

Dialog Habibie-Anwar di Jerman Soal Indonesia

Selasa, 31 Januari 2012, 09:06 WIB
Komentar : 1
Republika/Yogi Ardhi
BJ Habibie
BJ Habibie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -  Mantan Wakil Perdana Menteri Anwar Ibrahim memiliki kenangan khusus dengan Mantan Presiden RI BJ. Habibie. Anwar bercerita saat ia sakit dan terpaksa berobat di sebuah rumah sakit di Munich, Jerman.

"Saya dijaga oleh Habibie dan bu Ainun (almarhum istri Habibie)," kata Anwar dalam pidato kebudayaan 'Kepemimpinan Dalam Dinamika Perubahan Ekonomi Politik' di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki (TIM), (30/1).

Anwar kemudian bercerita panjang lebar dengan mantan Menteri Riset dan Teknologi itu mengenai reformasi dan transformasi demokrasi. "Ia (Habibie) ternyata tidak menjawab secara politik tetapi moral," ujar Anwar.

Anwar mengatakan, kelemahan yang dimiliki presiden Indonesia ketiga itu adalah tidak melakukan pertimbangan politik saat melakukan reformasi. Mantan Menteri Keuangan Malaysia itu sempat menanyakan kepada Habibie mengapa ia membebaskan para tahanan politik.

"Saya tidak tahu. Kalau terus tahan saya (Habibie) tak bisa jawab saat ditanya rakyat dan di hadapan Allah," kata Anwar menirukan jawaban Habibie.

"Itu bukan jawaban politik," kata Anwar menirukan ucapannya sendiri saat itu.

"Ya, tetapi itu jawaban yang benar," kata Habibie seperti ditirukan Anwar, yang kemudian disambut gelak tawa ratusan hadirin yang memenuhi ruangan.

Anwar pun mengaku kagum dengan keyakinan yang dipegang teguh seorang Habibie. Ia juga memuji Indonesia yang dalam keadaan simpang siur dapat melahirkan seorang teknokrat hebat yakni Habibie. "Dalam keadaan simpang siur, Indonesia bisa melahirkan scientist," ujarnya.

Reporter : Fernan Rahadi
Redaktur : Ramdhan Muhaimin
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Badak Sumatera Terakhir di AS akan Dikirim ke Way Kambas
OHIO -- Kebun Binatang Cincinnati di negara bagian Ohio akan menutup program penangkarannya yang sukses, dan mengirim badak Sumatera terakhirnya ke Taman Nasional...