Kamis, 4 Syawwal 1435 / 31 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pendaftaran Jalur Undangan SNMPTN 2012 Dibuka

Senin, 30 Januari 2012, 18:22 WIB
Komentar : 0
www.persma.com
Pengumuman SNMPTN/ilustrasi
Pengumuman SNMPTN/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 melalui jalur undangan mulai dibuka pada tanggal 1 Februari 2012, sehingga calon peserta dapat melakukan pendaftaran secara online melalui situs http://undangan.snmptn.ac.id. "Jadi seluruh program studinya sudah lengkap, peserta sudah bisa melakukan pendaftaran pada 1 Februari," kata Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2012 Akhmaloka, Senin (30/1).

Menurut Akhmaloka, calon peserta SNMPTN mempunyai waktu cukup panjang untuk melakukan proses pendaftaran.Ia menuturkan, panitia SNMPTN menetapkan waktu pendaftaran akan ditutup pada 8 Maret 2012."Untuk selanjutnya pengumuman peserta yang lolos akan dilakukan pada sekitar 25 Mei 2012. Dan untuk biaya pendaftarannya dikenakan pada setiap pendaftar Rp 175 ribu," ujar Akhmaloka yang juga menjabat sebagai rektor Institut Teknologi Bandung.

Untuk tahun ini, seleksi jalur undangan nilai atau kelulusan UN menjadi evaluasi akhir. "Hal ini artinya siswa yang nilai rapornya baik dan UN-nya lulus maka dia akan diterima di PTN yang dilamarnya," katanya.

Namun, kata Akhamloka, jika nilai rapor bagus sementara UN tidak lulus, maka jalur undangan juga tidak lulus. Ia menjelaskan, pada SNMPTN 2012 terdapat perbedaan dengan pelaksanaan tahun kemarin. Perbedaannya adalah, kata dia, pada SNMPTN tahun lalu mendapatkan bidik misi calon peserta terlebih dahulu, baru mendaftar SNMPTN, sedangkan tahun ini bidik misi dan SNMPTN terintegrasi."Nah kalau untuk tahun ini dibalik, daftar dulu dibidik misi kemudian diverifikasi kalau layak mendapatkan bidik misi maka mengikuti SNMPTN baik itu melalui jalur undangan ataupun ujian tertulis," katanya.

Pihaknya menambahkan, kuota yang disediakan untuk bidik misi yaitu 30 ribu untuk seluruh Indonesia yang tersebar di 61 perguruan tinggi negeri.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : antara
Janganlah kalian membenci ayah-ayah kalian. Barang siapa yang membenci ayahnya berarti ia kafir.(HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Awas.. Ada Pocong di Monas
 JAKARTA -- Buat Anda yang ingin berkunjung ke Monas berhati-hatilah. Karena akan ada pocong yang mengahampiri Anda. Upss, tapi pocong ini bukan pocong beneran...