Jumat, 28 Ramadhan 1435 / 25 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

Potensi Tsunami Dikhawatirkan di Sumbar dan Palabuhan Ratu

Minggu, 15 Januari 2012, 21:05 WIB
Komentar : 0

REPUBLIKA.CO.ID,PACITAN -- Potensi gempa besar dan berpotensi tsunami dikhawatirkan terjadi di sekitar kawasan celah seismik yang berada di Sumatera Barat, Pelabuhan Ratu di Banten, serta selatan perairan Pacitan-Trenggalek. Hal ini ditegaskan oleh Direktur Pesisir dan Kelautan KKP Soebandono Diposaptono, Ahad (15/1).

"Tiga titik celah seismik di tiga wilayah ini patut diwaspadai karena sudah 100 tahun lebih tidak mengalami gempa berskala besar dan berpotensi tsunami. Maaf, bukan bermaksud mendahului kehendak yang di atas, ini hanya analisa teoritis agar masyarakat dan pemerintah lebih waspada," ujar  Soebandono.

Sedangkan gempa bumi dengan kekuatan 7,1 skala richter (SR) yang baru saja melanda Simeulue, Aceh , Kamis (11/1), menurut Soebandono merupakan fenomena alam akibat gerakan tektonik dalam perut bumi. ''Itu tidak akan memicu tsunami. Sebab, gempa tersebut dinilai hanya merupakan gempa susulan,'' ujarnya.
Gempa di kawasan celah seismik yang berpotensi tsunami biasanya terjadi dengan rentang waktu lebih dari 100 tahun. ''Di Aceh saya yakin tidak karena gempa besar yang diikuti tsunami baru saja terjadi," katanya.


Redaktur : M Irwan Ariefyanto
Sumber : antara
Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya ketika saling berjumpa di hari Ied mereka mengucapkan: Taqabbalallahu Minna Wa Minka (Semoga Allah menerima amal ibadah saya dan amal ibadah Anda)(HR Imam Ahmad dalam Al Mughni (3/294))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar