Senin, 21 Jumadil Akhir 1435 / 21 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pendaftaran Anggota KPU dan Bawaslu Mulai Kamis Ini

Selasa, 13 Desember 2011, 09:17 WIB
Komentar : 0
Antara/Muhammad Deffa
Dua petugas KPUD Tangsel memperbaiki sejumlah kotak suara yang rusak di Kantor KPUD Tangsel, Ciputat, Tangerang Selatan.
Dua petugas KPUD Tangsel memperbaiki sejumlah kotak suara yang rusak di Kantor KPUD Tangsel, Ciputat, Tangerang Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim seleksi (Timsel) anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mulai bekerja setelah mengadakan pertemuan pertama di kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin (12/12). 

Pekerjaan pertama yang dilakukan Timsel adalah membuka pendaftaran calon anggota KPU dan Bawaslu masa bakti 2012-2017, pada Kamis (15/12). "Masyarakat yang merasa tergerak dan memenuhi syarat yang ditetapkan bisa mendaftarkan diri," kata Juru Bicara Kemendagri Reydonnyzar Moenek, Selasa (13/12).

Menurut Reydonnyzar, pendaftaran calon anggota KPU dan Bawaslu bisa diikuti semua warga, tidak ada perkecualian. Nantinya, tahapan rekrutmen dibagi dalam tiga tes, mulai administrasi, akademik, dan psikologis. Tes kedua adalah wawancara, dan terakhir uji kepatutan dan kelayakan.

Timsel, kata Reydonnyzar, memilih 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu sebelum April 2012, untuk diajukan kepada DPR. Hal itu untuk memenuhi perintah undang-undang yang menyatakan penyelenggara pemilu wajib terbentuk minimal dua tahun sebelum pemilu berlangsung pada 2014. "Jadi, masa tugas mereka berlangsung sampai akhir Maret 2012," katanya.

Mereka yang terpilih sebagai Timsel adalah Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, Dirjen Kesbangpol Kemendagri Tanribali Lamo, Direktur Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra, pakar hukum tata negara Saldi Isra, dan Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan.

Kemudian, guru besar Fisipol Universitas Gadjah Mada Pratikno, mantan anggota KPU dan Bawaslu Ramlan Surbakti, mantan anggota KPU Valina Singka Subekti, pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Siti Zuhro, sosiolog Universitas Indonesia Imam Prasodjo.

Gamawan Fauzi ditetapkan sebagai ketua Timsel, Amir Syamduddin selaku wakil Timsel, dan Tanribali Lamo sebagai sekretaris Timsel. 

Reporter : Erik Purnama Putra
Redaktur : Stevy Maradona
Apabila seseorang mengafirkan temannya, maka ucapan (yang mengafirkan) itu benar-benar kembali kepada salah seorang di antara keduanya (yang mengatakan atau yang dikatakan). ( HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  BISMAN SIAGIAN Minggu, 8 Januari 2012, 13:28
salam kebangsaan,
untuk informasi penerimaan anggota kpu di batam kapan di buka Pak / ibu , Saya ingin menberikan pengabdian di KPU ini, saya ingin mencarikan para pemimpin yang berkualitas dan beraklak, yang peduli kepada rakyat, yang tau dan mengerti posisinya
  dasril Selasa, 3 Januari 2012, 10:12
untuk wilayah pekanbaru kapan dibuka pendaftaran anggota panwaslu, saya berharap anggota panwaslu benar-benar orang netral dan mempunyai wawasan atau ilmu yang menunjang kerja panwaslu sedikitnya mempunyati pendidikan formal D3, karena pola pikir mereka berbeda dengan sma.
  muh.sudar.an Jumat, 23 Desember 2011, 17:32
pak kapan dibuka pendaftaran di kab.bone sul-sel...?
  sofyan wumu Minggu, 18 Desember 2011, 07:15
kapan di buka di manado???
  rudy Sabtu, 17 Desember 2011, 22:08
infonya di tunggu pak